oleh

Tiga Kecamatan di Bolmong Ikut Deklarasi Damai Pilsang Serentak 2022

BOLMONG – Tiga Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong mendapat giliran pada kegiatan Deklarasi Damai jelang Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Polres Kotamobagu, Kamis, 13 januari 2022.

Tiga Kecamatan itu adalah Passi Barat, Passi Timur dan Bilalang.

Sebelumnya, Deklarasi Damai Pilsang serentak ikut dilaksanakan di Kecamatan Lolayan yang dipusatkan di Balai Desa Tungoi, Rabu, 12 Januari 2022.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong sendiri, akan melaksanakan pesta demokrasi tingkat desa di 96 desa dari 200 desa yang ada.

Pilsang serentak pun diketahui telah dijadwalkan pada 2 Februari 2022 mendatang, sedangkan untuk tahapnya sendiri hingga saat ini masih tersu berproses.

Deklarasi Damai yang digelar di Balai Desa Passi, Kecamatan Passi Barat itu, sekaligus dirangkaikan dengan silaturahmi Kamtibmas yang dihadiri langsung Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK.

Sebelumnya, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow terus mengingatkan, agar seluruh masyarakat untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas tetap terkendali jelang Pilsang.

“Pelaksanaan Pilsang, tentu harus mempedomani hal-hal yang menjaga keutuhan NKRI,” pinta Bupati Bolmong.

Untuk para calon Sangadi sendiri pun diminta tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tetap taat protokol kesehatan (prokes).

“Mewujudkan Pilsang damai dan demokratis, menjalankan prokes pada setiap tahapan, menghindari berita hoax serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga pelaksanaan bisa berjalan dengan baik,” jelas Bupati Yasti.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK mengatakan, bahwa hubungan kemitraan antara TNI dan Polri serta Pemkab Bolmong bertujuan menciptakan keamanan bagi masyarakat.

Keamanan lanjut Irham Halid, menjadi suatu kebutuhan yang sangat pokok bagi kehidupan saat ini.

Apalagi, lanjut mantan Kapolres Boltim ini, untuk konteks Pilsang serentak, tahapan kampanye berlangsung selama tiga hari dan dalam pelaksanaannya nanti harus terwujud rasa aman dan damai.

Dirinya pun meminta, Kepada seluruh calon Sangadi agar tidak menyediakan minuman keras (miras) kepada pendukungnya.

“Juga diharapkan setiap desa terus mengaktifkan penjagaan atau siskamling dan  desa yang telah memilikinya, agar lebih ditingkatkan lagi penjagaannya,” pinta Irham, sembari menambahkan.

“Pada prinsipnya, kita wujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” tegas Kapolres.

Irham juga menambahkan, agar masyarakat dan para calon Sangadi, lebih bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos).

“Jangan menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian,” pungkas Irham.

Adapun turut hadir pada Deklarasi Damai tersebut, Camat Passi Barat Liem Ginoga, Camat Passi Timur Danny Rorimpandey, Camat Bilalang Irwanto Mokoginta, para calon Sangadi, personel Satlinmas dan jajaran Forkopimcam di tiga Kecamatan.

Disamping itu, pada acara tersebut, para peserta undangan ikut mendatangani Deklarasi Damai Pilsang serentak.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar