oleh

Makam Raja Bolango Arie Bansier Hasan Van Gobel Dipindahkan

BOLSEL—Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Ramli Abdul Madjid, mewakili Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru, menghadiri acara pemindahan makam Raja Bolango tahun 1941-1951 Raja Arie Bansier Hasan Van Gobel di Pekuburan Raja Hasan Van Gobel, kompleks Pekuburan Umum Desa Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki. Sabtu (27/11/2021).

Rangkaian prosesi acara tersebut dimulai dengan Pemindahan makam Raja Ari van Gobel dari Kelurahan Matali Kotamobagu, kemudian penerimaan secara adat Bolango, dam dilanjutkan penyerahan para tokoh adat dari Bolaang Mongondow.

Setelah itu, dilanjutkan dengan prosesi pemakaman Alm Raja Ari Van Gobel dan Bua Maryam Van Gobel, diiringi zikir dan doa di pekuburan umum Desa Molibagu.

Bupati diwakili oleh Asisten I Ramli Abdul Madjid, menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya atas kegiatan tersebut.

“Ini menjadi kebanggaan dari pemerintah daerah, dimana anak dari Paduka Raja bisa berkumpul di Bolsel. Mari kita berdoa untuk paduka raja bersama anak keturunan beroleh rahmat dari Allah SWT,” ucap Madjid.

Madjid menuturkan, pihak keluarga mengucapkan terima kasih kepada tokoh adat dari Kotamobagu dan Molibagu.

“Keluarga berharap masyarakat bisa menerima dengan baik dan ikhlas pemindahan makam para raja tersebut,” ujarnya.

Diketahui, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan merupakan salah satu daerah Eks Swaparaja di Kabupaten Bolaang Mongondow Raya. Kabupaten ini dulunya adalah wilayah Kerajaan Bolango.

Turut hadir dalam pemakaman tersebut Asisten II Muh. Suja Alamri, unsur Forkopimda, para pimpinan PD, Camat Bolaang Uki bersama para Sangadi, Ketua Komisi lll DPRD Abdul Rajak Bunsal, para staf khusus Bupati, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta keluarga dari Raja Ari Van Gobel.

(Wawan Dentaw)

Komentar