oleh

Pemerintah Desa Inosota Kembali Salurkan BLT-DD Bulan Oktober

BOLSEL—Pemerintah Desa (Pemdes) Inosota Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa, di Kantor Desa setempat, Jum’at. (22/10/2021)

Penyaluran BLT tahap ke 10 di bulan oktober ini diberikan langsung oleh Kepala Desa (Sangadi) Inosota, Sriano Butulo, kepada 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Masing-masing KPM mendapatkan bantuan sebesar Rp300 ribu,” kaata Sriano.

Bantuan ini, terangnya, merupakan program pemerintah dan sudah menjadi komitmen pemerintah pusat, daerah hingga desa.

“Bantuan ini karena pandemi covid-19,” ujarnya.

Sriano menjelaskan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD), termasuk dalam skala prioritas dalam penggunaan Dana Desa Tahun 2021, dan merupakan salah satu program dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Dengan diperpanjangnya masa penyaluran program BLT-DD dapat meminimalkan dampak ekonomi bagi masyarakat desa yang diakibatkan oleh kondisi pandemi,” ujarnya.

“Alhamdulilah, hari ini sudah masuk ke tahap 10 Bulan Oktober dalam penyaluran BLT-DD,” ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Mari bersama-sama mendukung upaya pemerintah dalam rangka mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan tetap menerapkan Prokes. Yakni 5 M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta mobilisasi. Termasuk juga menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing,” imbaunya.

Di tempat yang sama, Ketua BPD Arman Darise menambahkan, 20 KPM yang menerima bantuan sudah memenuhi prosedur. Dan ini sudah dirapatkan dengan pemerintah desa bersama lembaga siapa-siapa yang berhak menerima sesuai kriteria.

“Dimana setiap KPM yang tidak menerima bantuan lain, wajib di berikan bantuan BLT-DD,” kata Arman

Keluarga penerima BLT-DD, kata Arman, tidak termasuk penerima bantuan lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai, (BST) dan program bantuan sosial pemerintah lainnya.

(Wawan Dentaw)

Komentar