oleh

Buka Muscab, Cerita Nostalgia Yasti Bersama PAN

BOLMONG – Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Amanat Nasional (PAN) se Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sabtu (16/10).

Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) kegiatan Muscab PAN Bolmong yang digelar di D’Talaga Resto, turut dihadiri Ketua DPW PAN Sulut Bobby Daud, Sekretaris DPW PAN Sulut Fuad Landjar, Ketua DPD PAN Kotamobagu Begie Gobel, Ketua DPD PAN Bolmong Fazal Alzagladi,  dan peserta Muscab PAN mulai dari tingkat Kecamatan dan Ranting.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Yasti Mokoagow pun bernostalgia saat dirinya berada bersama ditengah-tengah kader PAN. Ia pun tak malu-malu mengungkapkan bahwa partai PAN telah membesarkan namannya dalam dunia politik. .

“Dalam politik, saya besar di partai yang berlambang matahari ini (PAN). Hingga menjabat anggota DPR RI dua periode,” ucap Yasti dihadapan seluruh kader PAN yang hadir.

Ia pun mengingatkan, agar para kader saling menjaga, membesarkan satu sama lain dan sungguh-sungguh bekerja pada partai.

“Waktu itu, PAN begitu kompak di Sulawesi Utara. Dan itu sangat luar biasa, saat itu baru tujuh kursih. Kemudian bertambah hingga tiga puluhan lebih,” aku Yasti.

Lanjutnya, DPR Provinsi yang sebelumnya hanya satu kursi, kini menjadi tiga. Begitupun DPR RI.

Mantan anggota DPR RI ini pun berharap, bagi DPW maupun DPD yang sekarang ini didominasi kaum milenial, PAN bisa kembali berjaya seperti masa waktu itu.

Tak ingin menutupi, Yasti menceritakan perjalanan dirinya saat pencalonan Bupati Bolmong. PAN saat itu ikut mengusungnya. Namun, sekira 90 persen kader PAN tak bersama dirinya.

“Itu harus saya jujur. Saat di DPR RI luar biasa kerjasama kita dan kekompakan. Saya pun memberikan diri ini untuk semua kader PAN di Provinsi Sulut, Namun, saya dikecewakan saat maju calon Bupati,” ucap Yasti.

“Tentu, sebagai manusia saya merasa kecewa. Ini ibarat dikhianati oleh saudara-saudara yang awalnya saling mendukung dan membesarkan,” ucap Yasti dengan nada memelas.

Menurut Yasti, jika dirinya disuruh memilih saat itu, maka lebih ada manfaat bagi umat yakni sebagai anggota DPR RI, dibandingkan maju sebagai calon Bupati saat itu.

Merasa dikhianati, tentu suasana saat itu tidak nyaman lagi. Disamping itu, dirinya merasa sudah tidak ada artinya lagi bertahan di PAN. Pilhan untuk calon Bupati Bolmong terus dilakukan pada 21 September 2017.

“Sebelum itu, pada 10 September 2017, saya sempat tugas negara ke Polandia. Paginya ditelefon Gubernur Olly Dondokambey dan menyampaikan agar saya maju mencalonkan Bupati dan diusung Partai PDI Perjuangan dan telah ditandatangani ibu Megawati saat itu,” bebernya.

Hari ini kita dipertemukan lagi. Tentu rasa haru muncul, karena sekian lama bersama para kader PAN tak bertemu lagi.

“Saya tentu begitu terharu berada di tengah-tengah kader PAN, karena saya ingat betul perjalanan saya sebagai politisi dimulai dari partai ini. Ini hanya trowback saja, karena kita dulu bukan apa-apa dan tiba-tiba besar,” tuturnya.

Ia pun berpesan, dikepemimpinan PAN saat ini, agar jangan hanya banyak bicara. Tetapi banyak bekerja saja.

“Ketua DPD PAN Bolmong Fazal Alzagladi, anak mudah yang begitu luar biasa. Karena jika dirinya tak berdiri dibawah naungan partai PAN, maka tak ada satupun kursi di DPRD Bolmong saat ini dari PAN,” puji Yasti, sembari menambahkan.

“PAN harus berikan apresiasi kepada anak mudah ini yaitu Fazal Alzagladi. Jika tak ada dia, maka tak ada kursi satupun di DPRD Bolmong. Saya pun berpesan, agar diurus sebaik mungkin struktur organisasinya. Nasehat ini saya ucapkan karena partai PAN yang membesarkan saya,” tegas Yasti lagi.

Yasti pun menyakini jika PAN kompak, bukan tidak mungkin kursi-kursi di DPR RI, bisa mendapatkan kursi yang maksimal di DPRD Provinsi.

“Intinya semangat dan jaga kekompakan. Kerja untuk masyarakat dan konsisten. Sering-seringlah  kumpul dengan Ketua DPC dan ranting-ranting untuk menumbuhkan kekeluargaan dan persaudaraan. Harapan Saya, PAN akan kembali berjaya seperti sepuluh tahun yang lalu,” Yasti mengakhri, sekaligus membuka acar tersebut.

Usai itu, Ketua DPD PAN Bolmong Fazal Alzagladi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Yasti Sopredjo Mokoagow yang telah memberikan support dan dukungan kepada kegiatan ini.

Dirinya berkeyakinan, kedepannya PAN akan bisa kembali berjaya di Bolmong.

“Saat ini kita fokus dulu untuk penambahan kursi di DPR, agar seminimal mungkin PAN mempunyai satu fraksi utuh dan maksimalnya untuk rebut kursi pimpinan kedepannya,” pungkasnya.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar