oleh

174 Pegawai di Bolmong Ikuti Latsar CPNS 2021

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow resmi membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, Rabu (13/10).

Kegiatan Latsar CPNS 2021, dilaksanakan di Gedung Bagas Raya Yayasan Abdi Karya (Yadika) Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, Bolmong.

Kegiatan Latsar tersebut diselenggarakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bolmong, bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sulawesi Utara.

Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) covid-19, Latsar CPNS 2021 dihadiri Sekertaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, Asisten III Setda Bolmong Ashari Sugeha, Kepala Dinas Pendidikan Renti Mokoginta dan Kepala Dinas Kesehatan Erman Paputungan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Yasti menyampaikan, kegiatan ini sangat penting. Mengingat pesertanya adalah CPNS Bolmong pada formasi tahun 2019 lalu.

“Latsar CPNS 2021 ini, merupaka salah satu syarat dan wajib diikuti CPNS Bolmong formasi tahun 2019 yang dinyatakan lulus,” ujar Bupati.

Lanjutnya, Latsar ini baru permulaan dari periode kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang harus dijalankan dengan totalitas, karena pengabdian seorang PNS kepada Negara dimulai saat ini hingga pensiun, dengan integritas moral tanggung jawab yang tinggi.

Selanjutnya, kata Yasti, PNS merupakan unsur utama Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah birokrasi.

“Dimana PNS mempunyai peran penting dan strategis, dalam menBentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah,” jelasnya.

Sehingga itu, Latsar ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika CPNS.

“Tujuan dari Latsar ini adalah untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan,” terang Yasti, sembari menambahkan.

“Kegiatan Latsar juga dapat membangun karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab seorang PNS, serta mampu membangun profesionalisme dan kompetensi bidang,” tambah Bupati.

Disamping itu, Kepala BKPP Bolmong Umarudin Amba menyebutkan, kegiatan Latsar CPNS 2021, dilaksanakan dua tahap dan dua gelombang.

“Mengingat saat ini masih kondisi pandemi covid-19, sehingga kita atur dua tahap dan dua gelombang,” sebutnya.

Diketahui, kegiatan Latsar CPNS 2021 diikuti 174 peserta, yang terdiri dari 5 orang tenaga teknis, 39 tenaga kesehatan dan tenaga guru ada 130 orang. Selanjutnya, peserta mengikuti Latsar 21 hari on kampus dan 30 hari off kampus di instansi masing-masing CPNS.

Adapun untuk gelombang I Latsar CPNS 2021, dimulai pada 14 Oktober hingga 1 Desember 2021. Untuk gelombang II, dilaksanakan 4 November hingga 22 Desember 2021.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar