Tiga Program ini Jadi Prioritas BPBD Kotamobagu Tahun 2023

BNews, KOTAMOBAGU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu memperioritaskan tiga program pada tahun 2023.

“Program kesiapsiagaan bencana, penanganan bencana kebencanaan serta pusat pengendalian operasi atau Pusdalop. Tiga program ini menjadi prioritas utama BPBD pada tahun ini,” kata Kepala BPBD Kota Kotamobagu, Alfian Hasan.

Lanjut Alfian menjelaskan, untuk mendukung pelaksanaan program-program tersebut, pihaknya akan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui berbagai pelatihan.

“Iya, untuk peningkatan SDM, kami juga akan melakukan pelatihan bagi personil BPBD. Baik Tim Reaksi Cepat atau TRC maupun Pusdalop,” katanya, Jumat (13/1/2023).

Di sisi lain, ia pun kembali mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi cuaca ekstrim yang saat ini masih melanda wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya karena sangat berpotensi terjadinya musibah banjir dan longsor.

“Terutama bagi masyarakat yang bermukim di daerah aliran sungai serta pegunungan. Selain itu para pengendara juga harus mewaspadai pohon tumbang saat melintas di ruas jalan yang ditumbuhi pepohonan,” imbaunya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar