Seni Tari Maleo Warisan Budaya Bolsel Perlu Dilestarikan

BNews, BOLSEL — Seni tari Maleo merupakan warisan budaya daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Seni tari ini harus dijaga, dirawat dan dilestarikan untuk generasi ke depan.

“Kita harus mencintai budaya sendiri serta produk-produk lokal lainnya, yang kemudian kita kembangkan untuk mendukung program pemerintah baik daerah maupun pusat,” kata salah satu pengurus sanggar tari Maleo Rahmawati Kamaru kepada bolmong.news, Kamis (12/1/2023).

Rahmawati menjelaskan, di Kabupaten Bolsel sudah ada sanggar seni maleo yang menjadi tempat bagi generasi muda untuk menjaga kelestarian sumber daya alam, sumber daya manusia dan pengembangan pengetahuan budaya.

“Terlebih ada budaya lokal yang menjadi ciri khas daerah Bolsel,” katanya.

Sanggar ini memiliki orientasi untuk pengembangan seni tari, baik tradisional maupun modern dan produk daerah.

Dia berharap ke depan tari Meleo ini akan menjadi ciri khas seni budaya di daerah yang bertetangga dengan Provinsi Gorontalo itu.

“Alhamdulilah, di hajatan-hajatan besar baik pesta perkawinan untuk menjemput para pengantin, tari Meleo ini sudah dipamerkan secara terbuka di masyarakat,” ujarnya.

Rahmawaty sedikit mengulas di tahun 2018 lalu di Pameran Deep and Extreme Indonesia.

Di mana Bolsel menampilkan tarian Kokoyonga Lo Palemba. Tarian kreasi yang diangkat dari permainan tradisional anak – anak Bolsel yang digelar di gedung Jakarta Convention Center Hall B.

“Pada kesempatan tersebut kami menampilkan tarian Kokoyonga Lo Palemba, tarian kreasi yang diangkat dari permainan tradisional anak – anak Bolsel,” terangnya.

Tarian ini ditampilkan oleh siswa – siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) I Momalia, Kecamatan Posigadan.

“Kami merasa bangga sebab apa yang dialami hari ini merupakan pengalaman berharga. Dan alhamdulillah bisa maksimal dan membawa nama Bolsel ke pentas nasional,” ucapnya.

Dengan hadirnya sanggar seni tari Maleo ini, harapannya bisa mengangkat kearifan lokal, baik seni dan budaya Bolsel untuk bisa bersaing di pentas nasional bahkan internasional.

“Tentunya dengan adanya kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah, sanggar seni tari maleo bisa juga memberikan yang terbaik untuk daerah Bolsel tercinta,” pungkasnya.

Penulis: Wawan Dentaw

Komentar