Salurkan BLT DD 2023 Desa Wiau Lapi, Ini Pesan Kumendong

BNews, MINSEL — Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) untuk bulan Januari, Februari dan Maret tahun 2023 di Desa Wiau Lapi Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) disalurkan, Rabu (2/3/2023) bertempat di ruang kantor desa setempat.

BLT tersebut disalurkan kepada 26 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Masing-masing KPM mendapatkan Rp300.000 per bulan.

Pemerintah Desa Wiau Lapi sendiri mengalokasikan BLT DD itu selama 12 bulan dalam tahun 2023 dengan total Rp23 juta 400 ribu.

Penyaluran BLT ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa (Hukum Tua) Wiau Lapi, Ferry V Kumendong didampingi Kasubag Perencanaan dan Keuangan Kantor Camat, Tareran Alfriets A. Aseng.

Kumendong menjelaskan, pada tahun 2023 ini Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai dibatasi minimal 10 persen.

“Persentase bantuan langsung tunai itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam Pasal 36 Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023

“Calon keluarga penerima manfaat BLT Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf a diprioritaskan keluarga miskin yang berdomisili di desa dan sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem,” ujarnya.

Lanjutnya, dalam hal desa tidak terdapat data penduduk miskin yang terdaftar dalam keluarga desil 1 sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1), maka desa dapat menetapkan calon keluarga penerima manfaat BLT desa dari keluarga yang terdaftar dalam keluarga desil 2 sampai dengan desil 4 data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Kegiatan penyaluran BLT DD ini terangnya juga merupakan upaya pemerintah dalam membantu perekonomian masyarakat.

“Penerima BLT DD tahun 2023 triwulan pertama pada periode Januari, Februari dan Maret adalah upaya pemerintah untuk membantu perekonomian masyarakat desa,” kata dia.

Kumendong berharap, BLT yang disalurkan kepada para KPM dapat memberikan manfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Semoga dapat sedikit membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan juga berharap agar bantuan ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya,”ucapnya.

Dia juga berpesan kepada penerima bantuan BLT agar terus menopang dan menunjang setiap program pemerintah, baik pemerintah pusat, daerah maupun pemerintah desa.

Salah satu penerima BLT DD, Fientje Lapian mengaku bersyukur mendapatkan bantuan tahap pertama ini. Berkat bantuan ini, ia merasa sangat terbantu sehingga dapat meringankan beban keluarga.

“Puji Tuhan,BLT DD ini kami manfaatkan sebaik mungkin untuk keperluan sehari-hari,” singkatnya.

Reporter: Jendry Paendong
Editor: Wahyudy Paputungan

Komentar