Rapat Paripurna DPRD Boltim Tentang Tiga Ranperda, Ini Penyampaian Bupati Sachrul

BNews, BOLTIM –  Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto menghadiri rapat paripurna DPRD tentang penetapan Propemperda tahun 2023 dan penyampaian Ranperda.

Rapat tersebut meliputi pajak dan retribusi daerah, perubahan kedua atas peraturan daerah nomor 10 tahun 2016, serta sususan perangkat daerah Boltim dan  rencana tata ruang wilayah tahun 2023 – 2043.

Bupati dalam rapat paripurna tersebut menyampaikan, DPRD mempunyai kewenangan membahas dan mengkaji rancangan peraturan daerah yang diajukan oleh pemerintah daerah (Pemda) maupun sebaliknya.

“Guna menghasilkan peraturan daerah yang mengandung nilai-nilai strategis, sebagai landasan yuridis formal bagi pemerintahan, sehingga tercipta tata pemerintahan yang baik dan bersih,” kata Sachrul.

Sachrul menjelaskan, program pembentukan Perarturan Daerah (Perda) merupakan pedoman pengendali penyusunan Perda , yang mengikat antara Pemda dan DPRD untuk membentuk Perda.

Oleh karena itu, Perda memegang peranan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah, karena Perda adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh DPRD dengan persetujuan bersama kepala daerah, untuk melaksanakan pemerintahan yang berdasarkan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan yang berlaku.

“Selain itu, dalam perbentukan Perda harus memperhatikan kondisi daerah yang bertujuan untuk mensejahterakan serta memberi kepastian hukum bagi masyarakat,” kata Sachrul.

Sacrul juga mengapresiasi semua pihak terutama segenap pimpinan dan anggota DPRD Boltim,  yang mengagendakan rapat paripurna tersebut.

“Kita menyadari sepenuhnya bahwa ini merupakan langkah penting dan strategis dalam upaya mendorong Bolaang Mongondow Timur, khususnya dari segi regulasi yang akan berdampak besar dalam pengambilan kebijakan pengelolaan segala sumber daya yang dimiliki,  secara legitimasi dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan, efektif dan efisien, bertujuan untuk kemakmuran dan kemajuan demi terwujudnya Kabupaten Boltim yang aman, berbudaya dan sejahtera melalui sinergitas pembangunan perdesaan,” terangnya.

Sachrul pun berharap, Propemperda 2023 dan seluruh Ranperda yang disampaikan dalam rapat paripurna akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme serta melahirkan Perda yang baik.

“Pemda menaruh harapan kepada Pimpinan DPRD serta segenap Anggota DPRD yang terhormat kiranya seluruh Ranperda dapat dibahas pada tingkat selanjutnya, dan segera ditetapkan menjadi Peraturan Daerah,” harap Sahcrul sembari menambahkan, atas nama Pemda dan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur , atas kinerja dan kerjasama yang baik, serta seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan rapat paripurna tersebut.

Reporter: Gazali Potabuga

Komentar