Pemkot Cari Lahan Baru Untuk TPA

KOTAMOBAGU—Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mulai mempersiapkan lahan baru untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bambang Irawan Ginoga, hal ini dilakukan pihaknya karena diprediksi TPA Poyowa Kecil dalam 2 tahun lagi akan penuh.

“Ada dua opsi yaitu optimalisasi atau pembuatan TPA baru. Namun sesuai arahan, Ibu Wali Kota minta untuk pembuatan TPA baru,” kata Bambang, Kamis (28/1/2021).

Masih menurutnya, bersama Dinas PUPR Kotamobagu pihaknya tengah melakukan pencarian lahan baru.

“Lahan yang dicari memiliki luas sekitar 5 hektare atau lebih. Karena nantinya untuk dibangun tempat pengelolaan limbah B3. Sudah ada beberapa lahan yang disurvei, tapi masih cari tempat lain juga,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu, Claudy N. Mokodongan, mengatakan, pekerjaan pengadaan lahan TPA masuk dalam rencana kerja Dinas PUPR.

“Setelah dapat beberapa calon lahan, akan turun disurvei oleh tim yang kemudian akan menyusun studi kelayakan termasuk kajian analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang juga melibatkan tim ahli.

“Kita harus siapkan anggaran untuk pembuatan studi kelayakan dan kajian AMDAL. Jika sudah selesai akan dilakukan pengajuan anggaran pembebasan lahan untuk pembanguanan TPA baru,” tandasnya. (*)

 

Komentar