Lowongan Kerja Baby Sitter Boneka Arwah, Gaji 10 Juta

JAKARTA—Boneka arwah atau spirit doll saat ini tengah ramai diperbincangkan. Boneka arwah ini digandrungi sejumlah selebritis dan influencer TikTok, termasuk Ivan Gunawan dan Celine Evangelista.

Para influencer dan selebritis itu menjadikan dan memperlakukan spirit doll ini sebagai anak mereka. Sesuai namanya, boneka itu bukan sembarangan mainan tetapi dikatakan menyimpan arwah.

Berbeda dengan tren boneka arwah di luar negeri yang memiliki berbagai bentuk, boneka arwah yang banyak diadopsi oleh influencer di Indonesia memiliki penampakan mirip dengan bayi dan anak kecil.

Tak hanya itu, mereka juga memperlakukan boneka arwah tersebut layaknya anak kecil sehingga memberinya makan, diberi pakaian, hingga mengajak boneka arwah jalan-jalan. Mereka juga mulai memamerkannya ke publik melalui media sosial.

Para influencer ini juga membuka lowongan kerja untuk menjadi pengasuh spirit doll ini. Dikutip dari akun anak arwah alejandro_nasution1 disebutkan baby sitter akan mendapatkan fasilitas tidur bersama anak arwah di apartemen mewah, wifi gratis, makanan mewah, biaya transportasi, dan uang makan jika keluar bersama boneka arwah.

“Asuransi kesehatan dan gaji minimal Rp 10 juta (exclude bonus). Harus yang berhati mulia dan lemah lembut,” tulis unggahan tersebut.

Diketahui tren spirit doll berasal dari Thailand. Boneka yang disebut Luk Thep dipercaya diisi oleh roh-roh pembawa keberuntungan karenanya diperlakukan seperti anak sendiri

Biasanya, boneka arwah akan dibawa ke seorang biksu untuk didoakan dan melakukan upacara. Ritual tersebut dipercaya sebagai usaha menghidupkan boneka atau mengisi boneka tersebut dengan roh.

Harga spirit doll ini juga bervariasi, sesuai dengan ukuran dan bentuk boneka. Misalnya dikutip dari eBay untuk Luk Thep Doll 28 inchi dibanderol dengan harga US$ 475 atau setara dengan Rp 6,8 juta dengan asumsi kurs Rp 14.300. Dari deskripsi penjual, boneka arwah ini berukuran 28 inchi dan disebut sudah menjalani upacara Luk Thep yang dilakukan oleh Pra ajarn Vinai di Kuil Buakhan yang terletak di Bangkok, Thailand.

Sumber: CNBC

Komentar