Latsar CPNS Kotamobagu Formasi 2021 Masuk Tahap Seminar Rancangan Aktualisasi

BNews, KOTAMOBAGU — Peserta latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Kotamobagu formasi 2021 anggaran tahun 2023, masuk tahap seminar rancangan Aktualisasi.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu Sarida Mokoginta mengatakan, para peserta ditugaskan untuk menyusun ide yang nantinya akan dikembangkan di masing-masing OPD.

“Seminar rancangan aktualisasi itu mereka akan menyusun suatu ide yang nantinya akan dikembangkan ke masing-masing OPD, dalam pelaksanaan tugas sehingga mempermudah pelayanan, oleh karena itu dibutuhkan seorang mentor untuk melakukan pendamping pembuatan rancangan itu, apabila rancangan itu sudah disetujui oleh mentor, maka akan disetujui oleh mentor dan penguji yang berasal dari BKPSDM provinsi,” kata Sarida, Kamis (4/5/2023).

Sarida menuturkan setelah selesai ujian seminar rancangan aktualisasi, peserta Latsar akan masuk di masa of Kampus.

“Dimasa of kampus itulah, peserta latsar akan mengaktualisasikan seminar rancangan mereka selama 1 bulan dan itu dimulai pada besok hari untuk gelombang 1 dengan jumlah peserta 150 orang, setelah itu mereka akan masuk pada pertengahan Juni untuk ujian hasil dari implementasi tersebut,” jelasnya

“Untuk gelombang 2 dengan total peserta 149 orang, ujian seminar rancangan aktualisasi akan dimulai pada hari senin nanti,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Kominfo Kotamobagu, Hasna Pasambuna mengatakan bahwa dirinya sebagai mentor dari saudara Yudika Paputungan yang membuat aktualisasi mengenai digitalisasi pengarsipan SPJ melalui google Drive.

“Kami sangat mengapresiasi, karena selama ini dalam hal pengarsipan LPJ kita masih manual sehingga dalam pencairan juga masih kesulitan, dan untuk diangkatnya rancangan ini, lebih mempermudah kita dalam pencairan SPJ,” katanya.

Hasna berharap bahwa digitalisasi SPJ ini akan lebih mempermudah Kominfo untuk melakukan pencarian SPJ.

“Untuk peserta Yudika agar lebih mengembangkan di OPD secara khusus, dan secara umum di pemerintahan kotamobagu,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar