Istri Wakil Presiden Sarankan Kain Sikayu Dipajang di Pameran TMII

BolmongNews.com, Kotamobagu—Kain tenun Sikayu dari Kota Kotamobagu disarankan Istri Wakil Presiden RI Yusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla, untuk dipajang di pameran yang akan digelar di Taman Mini Inodnesia Indah (TMII).

“Kain Tenun Sikayu kita dari Kotamobagu mendapatkan support dari ibu Wapres dan Dirjen, dari Pemprov juga serta dari Smesco UMKM, agar dapat dipajang di Pameran yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII),” kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta ST dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (11/4),  yang dihadiri langsung Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Mufidah Jusuf Kalla.

Mokoginta, mengatakan, kegiatan Rakerda tersebut juga ikut digelar pameran kerajinan dan produk pangan di Graha Gubernuran Sulawesi Utara.

“Pada pemeran tersebut kita menampilkan sejumlah produk kerajinan tangan daerah, diantaranya Kabela, Kain Sikayu, produk kopi organik, kacang goyang, dan juga beberapa hasil olahan makanan lain,” katanya.

Menurutnya, Rakerda tersebut sangat penting dalam mendorong program Dekranasda Kota Kotamobagu.

“Kedepan ada beberapa program akan kita gelar, dalam rangka terus memajukan produk kerajinan tangan hasil dari daerah kita, agar dapat lebih dikenal di Sulut maupun ditingkat nasional,”ujarnya.

Diketahui, kain Sikayu merupakan kain khas Bolaang Mongondow yang sudah ada sejak zaman kerajaan Bolaang Mongondow beberapa ratus tahun silam. (ewin)

Komentar