Desa Wiau Lapi Wakili Minsel Kampung Berkualitas Tahun 2023

BNews, MINSEL – Desa Wiau Lapi Kecamatan Tareran mewakili Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam penilaian dan verifikasi lapangan Kampung Berkualitas (KB) Tahun 2023 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis, (16/03/2023).

Penilaian dan verifikasi lapangan yang dilaksanakan di Kantor Desa Wiau Lapi ini dilaksanakan oleh tim penilai verifikasi lapangan BKKBN Provinsi Sulut.

Ketua tim penilai dan verifikasi lapangan Kampung KB, Ronny Sumilat yang juga Ketua Pokja Pengendalian Penduduk BKKBN Provisi Sulut mengatakan, untuk membangun sebuah kampung yang memiliki keluarga berkualitas membutuhkan waktu panjang.

“Sehingga memerlukan waktu investasi yang panjang pula. Dan yang dibangun tidak hanya pembangunan fisik saja tapi juga pembangunan sumber daya manusianya,” ujarnya.

Menurutnya,  hal ini sejalan dengan tujuan dari Kampung KB, yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung.

“Atau yang setara melalui program serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” kata dia.

Sementara, Kepala DPPKBP3A, Meyti Tumbuan mengatakan, penilaian dan verifikasi lapangan yang dilakukan adalah pengecekan data dengan kesesuaian di lapangan.

“Data yang masuk dalam penilaian di antaranya pasangan usia subur, usia perkawinan, serta kegiatan pembinaan seperti bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia,” ujarnya.

Dia juga berharap agar melengkapi dokumen-dokumen seperti SK Kampung KB, SK Pokja dan sebagainya untuk diupload di web.

“Intervensi Kampung Keluarga Berkualitas juga diharapkan untuk diisi yang mencakup 8 fungsi pokok keluarga. Jadi setiap kegiatan yang ada di Kampung Keluarga Berkualitas harus terlaporkan melalui web,” katanya.

Hukum Tua Desa Wiau Lapi, Ferry V Kumendong menambahkan, menyambut baik tim penilaian.

“Tentunya saya pribadi dan seluruh perangkat desa juga pokja menyampaikan terima kasih banyak, karena telah mendukung kami sepenuhnya. Semoga  mendapatkan yang terbaik,” ujarnya.

Reporter: Jendry Paendong

Editor: Wahyudy Paputungan

 

Komentar