Bupati Sachrul Hadiri Peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan Oleh Presiden Jokowi

BNews, BOLTIM – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, turut hadir dalam kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), di Sulawesi Utara.

Kunjungan Jokowi dalam rangka peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kalawat, Minahasa Utara, Kamis, 19 Januari 2023.

Pantauan media, SSM bersama kepala daerah se-Sulut, hadir di tempat peresmian bendungan mendampingi Gubernur, Sulut, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Steven Kandouw.

Sebelum rangkaian kegiatan peresmian, Presiden Jokowi mengunjungi pasar tradisional Airmadidi kemudian lanjut ke lokasi peresmian di Kalawat, Minut.

Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kalawat ini dibangun sejak tahun 2016 dan menelan anggaran Rp1,9 Triliun, dan memiliki sejumlah manfaat serta digunakan oleh warga sekitar.

“Memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare yang bisa nanti untuk pembangkit listrik, kemudian mengurangi banjir yang ada utamanya di Manado dan juga untuk pertanian,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan, dilatar belakangi dari peristiwa banjir bandang yang melanda Kota Manado pada 2014 lalu.

Sehingga itu, melalui bendungan ini, Presiden berharap potensi banjir di Kota Manado dan sekitarnya dapat direduksi dengan baik.

“Karena ini berada di atas Manado, sehingga kalau enggak dihentikan di sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir,” ungkapnya.

“Seperti kita ingat pernah pada 2014 lalu di Manado pernah banjir bandang,” sambung Jokowi.

Jokowi menambahkan, Bendungan Kuwil Kawangkoan juga dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro.

Karena menurutnya, Bendungan Kuwil Kawangkoan dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 2 x 0,70 megawatt.

“Meskipun kecil, tetapi bisa jadi pembangkit listrik tenaga mikro hidro,” ujar Jokowi.

Usai peresmian bendungan tersebut dilanjutkan dengan penyebaran bibit benih ikan tawar disaksikan oleh Gubernur, sejumlah Kepala Daerah se-Sulut dan undangan.

Sesuai jadwal, direncanakan, kunjungan kerja Presiden Jokowi di Sulut, akan berlangsung sampai dengan Jumat, 29 Januari 2023.

(Gazali Potabuga)

Komentar