Bupati Bolsel Dukung Pendataan Potensi Desa Tahun 2021 dari BPS Bolmong

BOLSEL–Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru S.Pt, mendukung program pendataan potensi desa (Podes) Tahun 2021 dari Badan Pusat Statistik (BPS) Bolaang Mongondow.

Bupati dua periode itu meminta kepada para Camat, Sangadi serta seluruh jajaran pemerintah desa dan masyarakat untuk membantu kepada petugas BPS yang akan melakukan pendataan di wilayah Kabupaten Bolsel.

Kegiatan Pendataan Podes 2021 ini dilaksanakan mulai tanggal 2–30 Juni 2021 mendatang oleh BPS Bolaang Mongondow (Bolmong).

Bupati menjelaskan, Podes merupakan sumber data tematik yang berbasis kewilayahan yang menggambarkan potensi wilayah seluruh indonesia.

Dimana Podes akan berguna sebagai dasar pembangunan wilayah. Sebab dengan adanya Podes, nantinya akan diketahui potensi suatu daerah untuk penyusunan analisis kebijakan, perhitungan indikator pembangunan kewilayahan, serta kemajuan dan pembangunan desa seperti indeks kesulitan geografis (IKG).

“Untuk pendataan Podes ini sangat perlu untuk melihat semua yang akan menjadi potensi desa untuk bisa di kembangkan. Selain itu, basis data ini sangat dibutuhkan pemerintah dalam merancang arah pembangunan untuk Indonesia Maju,” kata Bupati.

Bupati menghimbau untuk menyiapkan data yang dibutuhkan para petugas BPS untuk pendataan Podes tersebut.

“Sambut petugas Podes dengan ramah dan berikan data yang akurat tentang potensi desa, sesuai kondisi yang terkini. Siapkan semua data dan berikan jawaban yang akurat dan benar,” imbaunya.

“Mari pastikan desa anda didata, mari kita bangun Indonesia dari desa sesuai Nawa Cita Presiden Joko Widodo,” sambungnya sembari menegaskan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

(Wawan Dentaw)

Berikut Nama-Nama Petugas Podes 2021 Bolaang Mongondow Selatan:

Jabir Laode
Rifandi Dede
Karmila Monoarfa
Hardiansyah Mokoagow
Hasrul Hadju
Wilna Aliu
Novi Yolanda
Nildawati Walangadi
Milis Pakaya
Franki Laselo
Fitri Mooduto
Mat Nento
Dewi Yusuf
Iskandar Dali
Saeda Meronda.

Komentar