Besok Sachrul Akan Diberikan Gelar Oleh Kekratonan Hadiningrat Solo

BNews, BOLTIM — Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, akan menerima gelar adat Kanjeng Raden Mas Tumenggung oleh Kekratonan Hadiningrat Solo.

Rencana pemberian gelar adat itu akan dilaksanakan pada Rabu (15/2/2023), di Kekratonan Solo.

Pemberian gelar adat tersebut dikarenakan Kabupaten Boltim telah sukses menggelar berbagai festival budaya.

Salah satunya Festival budaya Jawa, dan itu mendapat perhatian dari Keraton Hadiningrat Solo.

Hal tersebut diungkapkan Sachrul pada saat menerima gelar adat Tule Molantud oleh empat eks swapraja Bolaang Mongondow Raya di Rudis Bupati Boltim belum lama ini.

“Pada tanggal 15 nanti saya diundang oleh Kekratonan Hadiningrat Solo untuk diberikan gelar adat,” ujarnya.

“Gelar adatnya Kanjeng Raden Emas Tumenggung, itu mereka berikan karena saya melaksanakan Festival Jawa dan kraton dan mereka melihat salah satu daerah yang begitu menghargai adat Jawa adalah Bolaang Mongondow Timur. Maka saya diundang langsung oleh pihak Kraton Surakarta untuk diberikan gelar adat sekaligus menjadi kerabat kekratonan Yogyakarta,” kata Sachrul.

Sachrul juga mengungkapkan, kalau apa yang didapat itu, tidak akan membuat ia bangga, karena ini adalah prestasi kita semua orang Boltim.

“Tapi kemudian semua gelar ini tidak akan membuat saya jadi bangga tapi saya merasa harus bisa menjadi apa yang telah diberikan oleh tokoh-tokoh adat bukan hanya di Bolaang Mongondow, tapi di Nusantara. Dan ini adalah sebuah prestasi kita semua termasuk orang Bolaang Mongondow Timur yang begitu membantu saya dalam melaksanakan festival budaya di Bolaang Mongondow Timur,” jelasnya.

Reporter: Gazali Potabuga
Editor: Wahyudy Paputungan

Komentar