Presiden Jokowi: Bendungan Lolak Selesai Maret

BNews, SULUT – Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis 19 Januari 2023, siang tadi.

Usai peresmian, Presiden pun ditanyai sejumlah awak media terkait ketambahan bendungan di Sulawesi Utara.

Jokowi menjanjikan satu bendungan lagi di Sulawesi Utara akan diresmikan, yaitu Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Minahasa Utara

“Masih bisa ketambahan bedungan satu lagi di Sulut. Nanti Maret atau April akan selesai lagi satu bendungan yaitu bendungan Lolak,” sebut Jokowi dihadapan sejumlah awak media.

Lanjut Jokowi, bahwa semakin banyak bendungan, maka semakin baik.

“Karena air tidak dibiarkan masuk ke laut, tetapi ditampung untuk keperluan kita semuanya,” imbuh Jokowi.

Sementara hari ini, kata Jokowi, kita telah meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Minahasa Utara. Dan ini bersebelahan dengan Kota Manado.

Baca Juga: Presiden Sapa Warga dan Pedagang Pasar Airmadidi Minahasa Utara

Jokowi juga mengenang sejenak tragedi banjir yang melanda Kota Manado, hingga menewaskan belasan warga beberapa tahun lalu.

Banjir ini merupakan bencana yang terbesar dalam 14 tahun terakhir di Sulawesi Utara.

“Kami ingat 2014 lalu, Manado pernah banjir bandang,” renung Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini lanjut mengatakan, bahwa bendungan ini dibangun sejak 2016 atau dua tahun setelah banjir Manado terjadi.

Bendungan Kuwil Kawangkoan dibangun dengan menelan biaya mencapai Rp1,9 Triliun.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Daerah Bangun Kota sesuai Ciri Khas dan Potensinya

Untuk kapasitas daya tampung Bendungan Kuwil Kawangkoan pun mencapai 26 juta meter kubik dan luas genangan 157 hektar.

Selain itu, berbagai manfaat yang bisa dihasilkan bendungan ini, dari bisa mengairi lahan pertanian dan sumber pembangkit listrik.

Menurut Jokowi, pembangkit listrik tenaga mikro hidro mampu menghasilkan tenaga 2×0,7 Megawatt dan itu bisa dibangun di sini.

“Meski kecil, tapi bisa jadi pembangkit listrik tenaga mikro hidro,” tutur Jokowi.

Selain itu, dapat untuk mengurangi banjir di Manado.

“Karena ini berada di atas Manado, sehingga kalau tak dihentikan dari sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir,” ungkap Presiden dua periode ini.

Sebelumnya, pada Mei 2022, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi Utara 1 Manado, I Komang Sudana melaporkan, untuk progres pembangunan Bendungan Lolak Kabupaten Bolmong telah mencapai 96 persen.

“Bahkan impounding atau proses menampun sudah dilakukan di bendungan tersebut,” ujarnya.

Turut hadir dalam peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan Minahasa Utara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Anggota Komisi V DPR RI Djenri Alting Keintjem, Gubenur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Direktur Utama Wijaya Karya Agung Budi Waskito, dan Direktur Utama Nindya Karya Haedar A Karim, serta Kepala Daera se Sulawesi Utara.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar