Yasti Soepredjo Mokoagow Putuskan Kembali Mencalonkan Diri di 2024

BNews, POLITIK – Mantan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow atau YSM, telah memutuskan tekadnya maju bertarung kembali ke DPR RI.

Politisi Sulawesi Utara ini mengaku, pengabdian dirinya kepada rakyat Sulut terus akan dilakukan dengan akan kembali mencalonkan diri maju di Pileg 2024.

Bagi Yasti Soepredjo Mokoagow, maju bertarung ke DPR RI bukanlah kali pertama dirinya.

Periode sebelumnya, YSM terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PAN. Kemudian pada periode kedua 2014-2016.
Bahkan YSM sendiri, saat di DPR RI, sempat dipercayakan sebagai Ketua Komisi V dan akhirnya maju bertarung di Pilkada Bolmong berpasangan dengan Yanny Ronny Tuuk dan terpilih sebagai Bupati periode 2017- 2022.

Tekat YSM sendiri, tentu ini sudah bulat. Rencana dirinya akan kembali mendaftar dan akan diusung PDI Perjuangan untuk dapil Sulut.

“Niat saya sudah bulat untuk kembali maju mencalonkan diri kembali ke DPR RI, Dapil Sulut,” ungkap YSM.

Bahkan, Yasti Soepredjo Mokoagow tegaskan kembali, pencalonan dirinya ke DPR RI nanti, hanya semata-mata sebagai bentuk pengabdian kepada rakyat Sulut.

Mengenai peluang untuk terpilih, bagi YSM haruslah optimis, tapi harus dibarengi dengan kerja keras turun ke masyarakat.

“Semua harus optimis dan bekerja. Soal terpilih atau tidak, itu urusan Allah SWT,” ungkap alumni Fisip Unsrat Manado ini.

Berikut biodata Yasti Soepredjo Mokoagow:

– Nama Lengkap : Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow

– Agama                : Islam

– Tempat Lahir   : Manado, Sulawesi Utara, Indonesia

– Tanggal Lahir  : Jumat, 8 Maret 1968

– Zodiak              : Pisces

– Warga Negara : Indonesia

– Pendidikan      : S-1 Fak.FISIP, Universitas Sam Ratulangi

– Karir                 : Anggota DPR RI Komisi V (2009 – 2014) – (2014 -2016), Bupati Bolmong 2017 hingga 2022.

Adapun Biografi singkat, sejak lulus kuliah, YSM menggeluti dunia usaha di bidang general suplier dan kontraktor.

Pada periode 1992-1997 PT Newmont Minahasa dengan omzet mencapai miliaran rupiah menjadi mitra pemerintah di bidang pembangunan infrastruktur pelabuhan, kontraknya dengan Departemen Perhubungan tersebut senilai lebih dari Rp300 Milliar.

Semangat reformasi, semangat membangun daerah dan sosok Amin Rais menjadi alasan pribadinya memasuki dunia politik.

Wakil Bendahara REI Sulawesi Utara ini ikut berkonsentrasi pada pemilu legislatif 2009 dan masuk parlemen dengan perolehan suara 48.937, Dapil Sulut.

Yasti Soepredjo Mokoagow, berhasil masuk sebagai anggota legislatif dengan nomor anggota A-144 DPR RI Fraksi PAN pada Komisi V yang membidangi Perhubungan, Telekomunikasi, Pekerjaan umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal.

Ia juga menjabat sebagai ketua komisi V setelah menggantikan Taufik Kurniawan yang diangkat menjadi Wakil Ketua DPR April 2010 lalu.

(Wahyudy Paputungan/*)

Komentar