oleh

Tingkatkan Kesejahteraan Disabilitas dan Lansia, Dinsos Usulkan Dana Bantuan

BOLMONGNEWS KOTAMOBAGU–Para penyandang cacat atau Disabilitas dan lanjut usia (Lansia) menjadi salah satu fokus perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemkot)  Kotamobagu.

Selain mengalokasikan dana lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Sosial (Dinsos)  juga mengusulkan bantuan dana ke Pemerintah Pusat untuk peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan bagi Disabilitas dan Lansia tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinsos Kotamobagu melalui Kepala Bidang Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial, Chandra Kurniawan Wahid.

Ia mengungkapkan,  telah mengusulkan bantuan ke Kementerian Sosial (Kemensos) lewat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

“Kami sudah mengusulkan anggaran untuk lansia dan penyandang disabilitas tahun 2019,” ungkapnya.

Selain itu,  kata Chandra pada Tahun 2018 ini, pihaknya telah memberikan bantuan sembako kepada 36 Lansia dan 33 penyandang Disabilitas.

“Masing-masing diberikan bantuan sembako senilai 2 juta,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinsos Kota Kotamobagu, Sarida Mokoginta, mengatakan, bantuan yang diusulkan tersebut direncanakan disalurkan tahun 2019 mendatang.

“Bantuan tersebut untuk mensukseskan visi misi Wali Kota terpilih, Tatong Bara, dalam mengatasi masalah kesejahteraan sosial di Kotamobagu. Kami akan berusaha menyelesaikan masalah ini secara bertahap. Tiap tahun lansia dan penyandang disabilitas akan dibantu, ” ujarnya.

Diketahui sesuai data dari Dinsos Kota Kotamobagu ada sekitar 271 orang Lansia dan 334 orang Penyandang Disabilitas.(tr-01/ewin)

Komentar