SDN 3 Pobundayan Wakili Sulut Ikut Webinar Tingkat Nasional

KOTAMOBAGU—Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Pobundayan terpilih mewakili sekolah se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengikuti kegiatan webinar tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH&K) Republik Indonesia.

Sekolah yang terletak di Kecamatan Kotamobagu Selatan ini, sebelumnya masuk nominasi dalam ajang Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan beberapa bulan lalu.

“Alhamdulillah sekolah kami masuk dalam kegiatan webinar tingkat nasional lewat aplikasi zoom, mewakili provinsi Sulawesi utara,” kata Kepala Sekolah Yudi Amirudin, Senin (7/9/2020).

Ia menuturkan, webinar tersebut dioptimalkan pada kegiatan gerakan peduli lingkungan. Dimana sasarannya, pada zona lingkungan sekolah maupun diluar area sekolah.

“Gerakannya seperti mengajak anak-anak siswa dan seluruh guru-guru, untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah. Dimulai dari pakaian, ruangan dan lingkungan yang sehat dan bersih. Termasuk pada penerapan penggunaan tumbler untuk botol minuman, sebagai salah satu upaya mengurangi sampah plastik,” tuturnya, sembari berharap do’a dan dukungan warga Kota Kotamobagu dalam keikut sertaanya pada kegiatan itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Bambang Irawan Ginoga melalui Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas, Irwan Paputungan mengatakan, webinar tersebut merupakan kegiatan dari Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementrian LH&K RI.

“Kegiatan itu ada kaitannya dengan sekolah Adiwiyata,” kata Paputungan.

Lanjutnya, keikut-sertaan SD Negeri 3 Pobundayan ini merupakan permintaan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut, sebagai tindaklanjut dari program Kementrian LH&K.

“Ini kegiatan kementrian. Nah, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi meminta Kotamobagu untuk mengikut-sertakan satu Sekolah yang Adiwiyata,” ujarnya.

Tujuan dari kegiatan itu, terang Paputungan, untuk menghasilkan sekolah-sekolah yang peduli terhadap lingkungan.

“Tapi kegiatannya nanti dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang. Yang dilaksanakan itu baru sebatas Bimtek. Output (Hasil) yang diharapkan pada kegiatan ini adanya proses pembelajaran tentang peduli lingkungan di Sekolah. Kami (DLH Kotamobagu) hanya sebatas memfasilitasi dan mendampingi.
Semoga apa yang dilakukan SD Negeri 3 Pobundayan akan menjadi motivasi bagi sekolah lainnya di Kotamobagu,” tandasnya.

Diinformasikan, Webinar atau Web-based Seminar adalah, presentasi, pelajaran, workshop atau seminar yang ditransmisikan melalui web dengan menggunakan software konferensi video. (Erwin Makalunsenge)

Komentar