Pemkot Gelar Penyusunan SDGs

BOLMONGNEWS. COM, Kotamobagu–Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) menggelar rapat penyusunan Sustainable Development Goals (SDGs), di ruang rapat Bappelitbangda, Rabu (06/11/2019).

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Ifan Malah mengatakan, rapat tersebut bertujuan untuk melihat dan menampung indikator-indikator yang akan disesuikan pada revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kotamobagu 2020.

“Ini dilaksanakan setiap tahun, indikator-indikator itu yang nantinya menjadi dasar di RPJM Kotamobagu. Nah, rencananya tahun depan akan ada revisi RPJM untuk penyesuaian. Makanya kegiatan ini dilaksanakan untuk menyusun indikator-indikator agar pada saat revisi RPJM itu yang akan menjadi dasar,” kata Ifan

Menurutnya, untuk Kotamobagu sudah ada kurang lebih 200 indikator yang akan disesuiakan. Penyesuaian akan dilakukan berdasarkan kebutuhan daerah masing-masing.

“Itu ada sekitar 300 indikator, tapi nanti masing- masing daerah. Nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan kabupaten/kota.  Untuk kotamobagu ada, sekitar 200 indikator yang diusulkan. Itu meliputi pilar-pilar sosial, perhubungan, infrastruktur dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Lajut Ifan, dari indikator tersebut kemudian akan dilaporkan ke provinsi di desember mendatang.

“Kami terus memonitor itu karena targetnya desember itu harus dilaporkan ke provinsi, sehingga diharapkan mudah-mudahan bisa selesai semua,” pungkasnya.(ewin)

Komentar