Meriahkan Hari Amal Bhakti Ke-77, MAN 1 Kotamobagu Tampilkan Tarian Kolosal

BNews, KOTAMOBAGU Suguhan tarian kolosal turut memeriahkan acara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-77 yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) Kotamobagu di halaman MAN Negeri 1 Kotamobagu, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Selasa (3/1/2023).

Tarian kolosal yang melibatkan puluhan penari siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kotamobagu itu, tampil  dengan menggunakan pakaian kreasi adat Bolaang Mongondow, Minahasa, Gorontalo, dan Jawa.

BACA JUGA: Tahun Politik, Kepala Kantor Kemenag Ingatkan ASN Jangan Lakukan Provokasi Ditengah Keragaman Pilihan.

Penata Tari MAN 1 Kotamobagu, Vidya Potabuga mengatakan makna tarian kolosal, menggambarkan kehidupan masyarakat Kotamobagu yang hidup dalam keanekaragaman suku, namun tetap rukun, harmonis dan damai.

“Tarian kolosal ini menampilkan 5 tarian yakni tari Morawoi, Kabela, Tono Tanobon dari Bolmong, tari Bajidor dari Jawa, tari Sipatokaan dari Minahasa dan tari Saronde dari Gorontalo,” kata Vidya kepada media Bolmong.News.

Selain itu, dipimpin Kepala Kemenag Kotamobagu, Jamaluddin Lamato bersama seluruh pegawai dalam kegiatan tersebut, terlihat menggunakan Baniang yang merupakan pakaian adat Bolaang Mongondow.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar