Kreatif, Irwan Lakukan Budidaya Tanaman Sayur dengan Metode Hidroponik

KOTAMOBAGU—Kreatif dan inovatif  pantas disematkan kepada Irwan Mokoginta (43) Warga Kelurahan Kecamatan Kotamobagu Utara. Ia memanfaatkan lahan pekarangan di belakang rumahnya seluas 9 X 5 meter untuk budidaya tanaman sayuran dengan metode Hidroponik.

Metode Hidroponik merupakan salah satu teknik bercocok tanam yang cukup praktis dan menguntungkan, serta alternatif bercocok tanam khususnya bagi yang kesulitan menemukan lahan pertanian, atau hanya memiliki tempat terbatas.

BACA JUGA: Kotamobagu Kembali Ketambahan 7 Kasus Covid-19.

“Karena selain tidak membutuhkan lahan besar, tanaman dengan metode Hidroponik juga lebih cepat tumbuh. Sekarang ini saya coba dengan tanaman sayuran,” ujarnya, Sabtu 5 Desember 2020.

Lanjutnya, hidroponik adalah metode penanaman tanaman tanpa menggunakan media tumbuh dari tanah. Metode ini hanya menggunakan media air dengan nutrisi tinggi dan mampu membuat tanaman tumbuh dengan pesat.

“Masa panen hidroponik juga dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Gizi dari tanaman hidroponik ini tidak kalah tinggi seperti metode tanam pada umumnya,” katanya.

Ia berharap pemerintah dapat membantu petani hidroponik dengan memberikan penyuluhan atau pelatihan.

“Ini masih baru di kotamobagu dan masih sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah, baik untuk pelatihan ataupun bantuan lainnya untuk pengembangan,” harapnya.

(Erwin Makalunsenge)

Komentar