Kepala Kantor Imigrasi Kotamobagu Pakai Baju Adat Nusantara Pada Upacara Kemerdekaan RI  

KOTAMOBAGU – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Rabu, 17 Agustus 2022.

Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ini dilaksanakan di halaman Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu dengan selaku Inspektur Upacara (Irup) Kepala Kantor Imigrasi Kotamobagu Usman.

Selain itu, turut diikuti oleh seluruh pejabat, pegawai hingga staf Kantor Imigrasi Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulut. Bahkan menariknya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Usman, saat menjadi Irup memakai baju adat nusantara.

Usai mengibarkan bedera sang merah putih, para peserta upacara ikut mendengarkan sambutan Menteri Hukum Dan HAM (Menkumham) RI Yasonna Laoly, secara virtual.

Adapun dalam sambutan Menkumham RI Yasonna Laoly menyampaikan, dimana pada hari ini dalam suasana kebersamaan, kita dapat melaksanakan upacara bendera, serta pemberian penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada pegawai dan pemberian remisi umum kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun.

Lanjut Yasonna Laoly, dimana upacara bendera ini, dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas Kemerdekaan yang telah diraih. Selain itu, sebagai untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan.

“Dan yang tidak kalah pentingnya, kata Menkumham, upacara ini harus kita maknai sebagai penggugah semangat kebangsaan, cinta akan tanah air dan komitmen bersama untuk membangun Indonesia Raya,” ucap Yasonna Laoly.

Lanjutnya, saat ini dinamika waktu terus berjalan. Selama kurun waktu dua tahun lebih, kita telah melaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan RI dalam kondisi pandemi covid-19. Namun, hari ini, puji Tuhan bahwa kita telah dapat melaksanakan upacara peringatan secara langsung dan serentak di seluruh Nusantara.

“Melalui kebersamaan ini, kita dapat saling menguatkan, sehingga mampu untuk ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’ sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun ini,” tuturnya.

Tak lupa, Menkumham Yassona Laoly juga menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada para pegawai yang menerima penghargaan.

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada para pegawai yang menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya X (sepuluh), XX(dua puluh) dan XXX (tiga puluh) tahun. Penghargaan ini semoga dapat memotivasi kinerja para pegawai sehingga kedepannya semakin PASTI (profesional, akuntabel, sinergi, transparan, inovatif) dan BerAKHLAK,” ungkapnya.

“Sekali lagi, saya sampaikan selamat atas pencapaiannya,” aku Yassona Laoly.

Bahkan, menjelang HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan kado spesial bagi para narapidana di seluruh wilayah Indonesia.

Tak tanggung-tanggung remisi yang diberikan sebanyak 168.916 orang narapidana. Itu terdiri dari 166.191 orang narapidana mendapatkan remisi umum I dan 2.725 lainnya mendapatkan remisi umum II atau langsung bebas.

Menkumham mengatakan, bahwa pemberian remisi atau pemotongan masa tahanan ini, sebagai bentuk penghargaan kepada warga binaan yang telah mengikuti program pembinaan dengan baik, serta telah memenuhi persyaratan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Saya atas nama pemerintah RI, mengucapkan selamat kepada warga binaan yang menerima remisi. Tunjukkanlah sikap dan perilaku yang baik secara konsisten, taat serta patuh menjalani ketentuan yang ada dalam program pembinaan,” pesan Mekumham.

“Bagi warga binaan yang langsung bebas, saya berharap jadilah insan dan pribadi yang benar-benar menyadari, dapat memperbaiki diri, serta tidak mengulangi lagi perbuatan yang salah. Tidak ada kata terlambat, pada akhirnya saudara dapat diterima kembali dengan baik oleh masyarakat, dan saya juga berharap saudara dapat berperan aktif sepenuhnya dalam pembangunan dan sampaikanlah salam sehat untuk keluarga,” harapnya.

Di akhir sambutan Menkumham Yasonna Laoly, dimana ia menyampaikan penegasan Presiden Joko Widodo, agar agenda besar bangsa tidak boleh berhenti.

“Langkah- langkah besar harus terus dilakukan dan ini perlu kita dukung bersama oleh seluruh jajaran Kemenkumham,” pungkasnya.

Upacar puncak HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun pun, berlangsung dengan penuh khidmat.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar