Diminta Maju di Pilgub, Ini Tanggapan Tatong

BolmongNews.com,  Politik–Suhu politik jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020 mendatang, mulai hangat.

Bahkan sejumlah calon yang akan maju dalam perhelatan pesta demokrasi lima tahunan itu, tengah disiapkan. Diantaranya, calon dari wilayah Bolmong Raya, yakni Tatong Bara.

Wali Kota Kotamobagu dua periode itu diminta sejumlah Kepala Daerah se Bolmong Raya, untuk bertarung di Pilgub. Pernyataan ini salah satunya disampaikan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow.

“Kalau saya inginkan Tatong, jadi atau tidak Allah yang menentukan,” kata Yasti, Kamis (1/8/2019) usai peresmian Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Bolmong.

Menanggapi pernyataan tersebut, Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Jumat (02/08), belum memberikan kepastian.

Menurutnya, penentuan siapa yang akan diusung maju, mekanismenya sangat panjang karena harus sejalan dengan aspirasi dari masyarakat.

“Dalam waktu dekat ini semuanya akan ditentukan. Kesejajaran antara keinginan masyarakat dan keputusan partai akan disinkronkan. Jadi, prosesnya panjang,” ungkap Tatong, di sela-sela memantau kerja bakti yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu.

Tatong menambahkan, keputusan partai dalam penentuan Calon Kepala Daerah (Cakada) yang akan diusung melalui mekanisme survey. Belum lagi soal konfigurasi keputusan arah dukungan partai akan kemana, itu juga menjadi pertimbangan.

“Mekanisme surey tentunya diperlukan untuk klarifikasi dukungan masyarakat sejauh mana. Untuk proses selanjutnya, kita tunggu saja bagaimana hasil akhirnya,” jawab Tatong dengan diplomatis.

Disinggung soal kesepakatan sejumlah kepala daerah di BMR untuk mendorong kader di BMR untuk maju di Pilgub, Tatong mengatakan, pertemuan tersebut hanya menyepakati pada Pilgub nanti kader BMR harus ada yang maju.

“Kami tak ingin minta bagian, tapi kami ingin masuk sebagai pembagi. Silahkan terjemahkan sendiri. Yang pasti kami sepakat harus ada kader dari BMR,” pungkasnya. (ewin)

Komentar