oleh

53 Laporan Melalui Aplikasi SiKemas Ditindaklanjuti

BOLMONGNEWS KOTAMOBAGU—Aplikasi Sistem Informasi Keluhan Masyarakat (SiKemas) yang dibuat Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Kotamobagu, ternyata banyak diminati masyarakat. Khususnya untuk memberikan laporan terkait pelayanan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

Menurut Kepala Data Center Kotamobagu, Rudy Yuanto Uno, saat ini sebanyak 93 laporan masyarakat yang masuk melalui aplikasi yang bisa diakses melalui Smart Phone tersebut.

“Dari 93 laporan sudah diselesaikan 53. Masih ada 40 laporan belum diselesaikan. Karena laporan tersebut berhubungan dengan dinas vertikal misalnya PDAM, PLN dan Kepolisian,” ujarnya.

Lanjutnya, kedepan pihaknya akan melakukan kerja sama dengan dinas vertikal. “Tapi, untuk saat ini aplikasi SiKemas masih sebatas  melayani laporan khusus untuk SKPD di lingkungan Pemerintah Kotamobagu. Aplikasi ini sudah didownload oleh masyarakat sekitar 161 dengan rating 4,9,” ujarnya.

Kepala Bidang Informasi Dinas Kominfo, Moch Fahri Damopolii, menambahkan, masyarakat bisa mengadu dan keluhkan yang terjadi di lingkungan seperti masalah sampah, kebakaran dan pelayanan masyarakat lainnya.

“Aplikasi ini dibuat, agar pelayanan pemerintah tepat sasaran dan langsung bersentuhan dengan masyarakat,” ucapnya.

Fahri mengatakan, memang ada beberapa laporan masyarakat tidak ditindak lanjuti, dikarenakan laporan yang masuk kebayakan tentang Kamtibmas dan PLN.

“Mudah-mudahan sebelum grand louching, semua dinas vertikal sudah melakukan kerja sama,” tandasnya. (tr-01/ewin)

 

Komentar