Program Asimilasi, 15 Warga Binaan Rutan Kotamobagu Pulang Lebih Awal

HUKRIM – Kepala Rutan (Karutan) Kotamobagu Setyo Prabowo melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan Busen menyebutkan bahwa sebanyak 15 warga binaan mendapatakan perpanjangan Program Asimilasi di Rumah.

Bahkan dikatakan Busen, perpanjangan ini hingga tanggal 31 Desember 2022.

“Perpanjangan program Asimilasi tersebut berdasarkan Permenkumham. Maka sebanyak 15 orang tersebut pulang lebih awal,” kata Busen, di Kantor Rutan Kotamobagu, Selasa 5 Juli 2022.

Busen menerangkan, sebelumnya program Asimilasi di Rumah ini hanya pada tanggal 30 Juni 2022, namun diperpanjang kembali hingga tanggal 31 Desember 2022.

Lanjut Busen, dengan diperpanjangnya program ini, bahkan 15 orang warga binaan yang ada di dalam Rutan Kotamobagu tentu bisa keluar lebih cepat. Tapi yang hanya telah memenuhi syarat saja.

Selain itu, kata Busen, adanya program Asimilasi ini tentu sangat membantu pihak Rutan. Sebab, jumlah penghuni Rutan saat ini sudah menyentuh angka 349 dari kapasitas yang hanya 149.

“Dengan dibebaskannya 15 orang ini paling tidak penghuni kita sudah berkurang, walaupun secara keseluruhan Rutan Kotamobagu masih over kapasitas,” tandas Busen.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar