Kopandakan 1 Wakili Kotamobagu Terima Bantuan Revitalisasi Desa Adat Dari Kemendikbud

BolmongNews.com, Kotamobagu–Upaya penguatan keragaman budaya di masayarakat terus dilakukan oleh Pemerintah.

Hal ini terbukti dengan adanya program Kementrian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan yang maha Esa dan Tradisi pada tahun 2019.

Yakni, kegiatan bantuan Pemerintah untuk memfasilitasi komunitas budaya di masyarakat dan revitalisasi Desa Adat yang di berikan langsung kepada komunitas budaya dan desa adat se- Indonesia, Senin (29/4).

Salah satu penerima bantuan tersebut adalah Desa Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Menurut ketua desa adat “Komalig” Kopandakan 1, Sumitro Tegela, sebelum dilaksanakan penyaluran bantuan tersebut, terlebih dahulu dilaksanakan beberapa kegiatan. Mulai dari verifikasi administrasi, verifikasi lapangan, penetapan calon penerima bantuan pemerintah dan workshop bagi para calon penerima.

“Kotamobagu mendapat kesempatan menjadi daerah sebagai penerima revitalisasi desa adat. Kita mengajukan revitalisasi rumah adat dan Alhamdulillah diterima oleh pemerintah pusat, ” ujar Sumitro.

Sumitro berharap dengan adanya bantuan itu nantinya bisa mengangkat kembali ciri khas rumah adat Bolaang Mongondow.

“Jika tahapan ini berjalan sukses dan lancar, maka konsep rumah adat yang berada di desa Kopandakan 1 bisa menjadi ikon wisata budaya, sekaligus edukasi bagi kaum muda milenial dan masyarakat Bolaang mongondow raya dan Indonesia pada umumnya, ” harapnya.

“Sehingga kekayaan budaya khususnya rumah adat akan terus terjaga, ” tambahnya.

Lanjutnya, kegiatan workshop atau pembekalan dilaksanakan di hotel Ciputra Jakarta Barat.

“Pelaksanaannya dimulai Senin 29 April hingga 3 Mei 2019 mendatang. Yang hadir seluruh penerima revitalisasi desa adat se-Indonesia, ” pungkasnya. (ewin)

Komentar