Sekda Boltim Buka Coaching Clinic SPID, Begini Harapannya

BOLTIM – Mewakili Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Sonny Warokka, membuka kegiatan Coaching Clinic Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), dilingkungan Pemerintah Kabupaten Boltim, Kamis, 21 April 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Boltim tersebut, digelar di Hotel Mercure Tateli Manado.

Sekda mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya serta keseriusan pemerintah daerah dalam mengimplementasikan serta menyesuaikan dengan aturan yang ada saat ini.

Yakni undang-undang nomor 25 tahun 2014, undang-undang nomor 23 tahun 2014, Permendagri nomor 86 tahun 2017, Permendagri nomor 70 tahun 2019, Permendagri nomor 90 tahun 2019 dan Permendagri nomor 7 tahun 2021.

Menurutnya, seluruh daerah pada tahun 2022, sudah menggunakan aplikasi SIPD.

“Baik perencanaan maupun pengelolaan keuangan daerah yang dimana aplikasi SIPD memuat menu E-Database SIPD, Perencanaan Pembangunan SIPD, dan Dasboard Profil,” katanya.

Sekda berharap, terselenggaranya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas data dan informasi daerah.

“Karena data yang valid akan sangat mempengaruhi proses perencanaan dalam rangka mewujudkan visi-misi bupati, “ ucapnya.

Kepala Bappelitbangda Boltim James Kinontoa menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut, untuk meningkatkan kualitas perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

“Melalui kegiatan ini, maka dukungan ketersediaan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat dapat dipertanggung jawabkan, ” katanya. (*/Gazali Potabuga)

 

Komentar