Peringati Harganas ke-29, Begini Kata Bupati Sachrul

BOLTIM — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-29 Tahun, dengan kegiatan menggelar jalan sehat dan tarian Dana-Dana.

Kegiatan tersebut berlangsung dilapangan Gogaluman Tutuyan, Jumat 24 Juni 2022 pagi tadi, yang dipimpin langsung Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto bersama istri Seska Ervina Budiman, dan diikuti oleh seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Boltim.

Diketahui, Harganas diperingati setiap tahunnya pada tanggal 29 Juni, berdasarkan dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional.

“Harganas harus digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia dan delapan fungsi keluarga yakni, agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan,” ucap Bupati pada sambutannya.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto saat memberikan sambutan pada Harganas ke-29. (Foto: Gazali Potabuga)

Bupati Sachrul mengatakan, Harganas merupakan perwujudan dari pentingnya sebuah arti keluarga, terhadap upaya masyarakat dalam memperkuat ketahanan Nasional.

“Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter Bangsa,” lanjutnya.

Bupati Sachrul menyebutkan, kegiatan dalam memperingati Harganas menjadi salah satu ajang sosialisasi percepatan penurunan stunting kepada keluarga dan masyarakat, dengan mengajak seluruh masyarakat untuk mengentaskan stunting di seluruh Indonesia. Lebih khusus, di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto saat memberikan sambutan pada Harganas ke-29. (Foto: Gazali Potabuga)

Hal tersebut bersesuaian dengan tema yang diusung oleh Pemkab Boltim dalam memperingati Harganas ke-29 tahun 2022 kali ini, “Ayo Cegah stunting agar keluarga bebas stunting“

Selain peringatan Harganas semata, kata Bupati Sachrul, kegiatan ini juga untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Boltim (HUT) yang ke-14 Tahun.

“Dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ke-14, telah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya, pelayanan KB sejuta akseptor diseluruh fasilitas kesehatan Puskesmas, praktik mandiri bidan dan Rumah Sakit Pratama yang bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia di Kabupaten Boltim, jalan sehat, dilanjutkan dengan Dana dana, serta pembagian Pil dan alat kontrasepsi kepada seluruh ASN yang telah berkeluarga secara gratis,” katanya.

Advertorial

Komentar