Cengkih Tanaman Unggulan di Boltim

BOLTIM — Cengkeh atau cengkih merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara – negara Eropa dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia.

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), merupakan salah satu wilayah penghasil tanaman cengkih terbesar di Indonesia. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) masuk dalam salah satu daerah penghasil tanaman cengkih terbesar di Sulut.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Boltim, Jaka Manangin, mengatakan, hampir seluruh petani di Kabupaten Boltim merupakan petani cengkih.

“Dari sekitar 80 persen petani yang ada di kabupaten Boltim, 60 persennya warga Boltim merupakan petani cengkih,” jelas Jaka saat dikonfirmasi media BolmongNews, Selasa, 26 Juli 2022.

Lanjutnya, cengkih merupakan tanaman unggulan masyarakat Boltim serta memiliki berbagai macam keunggulan.

“Tanaman ini, memiliki keunggulan tersendiri. Daun dan tangkai cengkih yang sudah kering bisa di buatkan minyak Atsirin, minyak urut dengan melalui proses penyulingan,” tutupnya.

Diketahui, harga cengkeh kering di pasaran mencapai angka 120.000 ribu/Kg dengan harga cengkeh mentah 20.000 ribu/liter.

Penulis: Gazali Potabuga

Komentar