Aksi ‘Goyang Bento’ di Boltim Makan Korban, 2 Kepsek Dicopot

BOLTIM — Aksi mayoret di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang melakukan gerakan kurang pantas atau “Goyang Bento” yang viral di media sosial, menyebabkan 2 (dua) Kepala Sekolah (Kepsek) dicopot, Kamis, 18 Agustus 2022.

2 Kepsek yang dicopot adalah Kepala SMP Negeri Daerah Kotabunan yakni, Lutfi Bazmul S.Pd dan Kepala SMP Negeri 3 Tutuyan Unggu Altje Saroinsong S.Pd.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto mengatakan, hal ini harus menjadi pembelajaran bagi seluruh tenaga pengajar yang ada di Boltim.

“Saya berharap guru-guru yang di Boltim lebih mengutamakan lagi etika dan moral ketika melaksanakan proses mengajar, karena disaat pemerintah tengah gencar-gencarnya menggali potensi-potensi budaya dan sejarah Boltim, justru kejadian ini yang malah merusak citra budaya daerah, dan yang saya lakukan ini adalah sebuah langkah cepat yang diambil dari Pemerintah Kabupaten Boltim,”jelas Sachrul.

Menurut Bupati, memulihkan masalah ini butuh waktu yang panjang.

“Kami juga harus memohon kepada penguasa IT untuk melakukan takedown menghilangkan video itu dan itu butuh proses, saya tidak menyalahkan siswanya yang saya salahkan adalah pembina di sekolah tersebut, karena dia harus bertanggung jawab sesuatu yang terjadi pada anak didiknya, gurunya yang harus bertanggung jawab, kalu gurunya tidak bertanggung jawab maka Kepala Dinasnya, kalau Kepala Dinasnya tidak maka Sekda selaku Panglima ASN yang harus bertanggung jawab,” terang Bupati.

Bupati mengingatkan agar kejadian serupa tidak lagi terjadi, sebab dapat merusak generasi selanjutnya.

“Saya hanya ingin menyelamatkan moral anak-anak Bolaang Mongondow Timur,” tegas Bupati.

Selain pencopotan 2 Kepsek tersebut, Bupati Boltim juga melantik 3 Kepsek yang baru.

Kepala sekolah yang dilantik masing-masing adalah Rolita Okong dilantik menjadi Kepsek SMPN Daerah Kotabunan, Amelia Budikasih dilantik menjadi Kepsek SMP 3 Tutuyan serta Arni Lasanggo dilantik menjadi Kepsek SMP Satap Molobog.

Peliput: Gazali Potabuga

 

Komentar