Universitas Hasanudin Makasar Bakal Buka Empat Jurusan di Bolsel

BOLSEL— Untuk mencapai visi dan misi Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) di bidang Pendidikan akan menggandeng Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar.

Hal ini disampaikan Bupati Bolsel Iskandar Kamaru saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Posigadan di aula Desa Sinombayuga. Senin, 17 Januari 2022.

Kerjasama ini untuk menekan angka pengangguran sekaligus menurunkan angka kemiskinan.

“Jadi tidak lagi jauh jauh ke daerah lain untuk melanjutkan sekolah. Dimana kurangnya siswa dan siswi yang melanjutkan pendidikan sampai sarjana dikarenakan belum adanya perguruan tinggi di bolsel,” tutur Iskandar.

Iskandar menambahkan tiga faktor utama yang mempengaruhi kemiskinan di suatu daerah. Yaitu Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan.

“Untuk salah datu faktor yang bisa menekan pangka kemiskinan yaitu pendidikan,” sebutnya.

Untuk itu, terang Iskandar, tahun ini Pemkab Bolsel akan bekerja sama dengan Unhas. Jurusannya ada empat yaitu Pertanian dan Perikanan, Pertambangan, Administrasi Pemerintahan serta Kehutanan.

“Ketika ini tercapai Sumber Daya Manusia setiap tahun ada peningkatan, dan pastinya akan berpengaruh menurunkan angka kemiskinan. Dan kerja sama di bidang pendidikan ini sudah di bahas bersama dengan pihak Unhas,” pungkasnya. (Wawan Dentaw)

Komentar