Rilis BMKG Tiga Hari Cuaca Ekstrim! Warga Bolsel Diimbau Siaga dan Waspada

BNews, BOLSEL – Warga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) diimbau untuk selalu waspada dengan kondisi cuaca esktrim yang tengah melanda saat ini.  

Terutama para nelayan agar bisa memperhatikan cuaca dan bisa menahan diri, untuk tidak melaut.

“Begitu pun para petani saat pergi berkebun kalau angin kencang atau hujan lebat langsung mencari tempat yang aman untuk berteduh,” kata Kepala BPBD Kabupaten Bolsel, Boby Sampe kepada  bolmong news, Kamis (12/1/2023).

Boby mengatakan cuaca ekstrim ini tidak menentu terjadi. Dia berharap agar masyarakat berhati hati saat beraktifitas di luar rumah.

“Dimana  melalui rilis dari BMKG Sulawesi Utara 3 hari kedepan, mulai besok 13 sampai 15 Januari akan ada hujan dan angin kencang,” kata Boby.

Lanjut Boby, dari data yang diterima dari BMKG Sulut berdasarkan data satelit pada jam 07.40 UTC (15.40 Wita), terpantau adanya awan Cumulunimbus (awan hujan) menutupi wilayah Manado, Bitung, Kotamobagu, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bolmong, Bolmong Timur, sampai di Bolmong Selatan.

Kemudian sebagian wilayah Minahasa Utara dan Bolmong Utara, serta angin kencang yang masih terpantau terjadi di seluruh wilayah Sulawesi Utara.

Untuk itu kata Boby pihaknya menghimbau masyarakat agar lebih waspada dan siaga terhadap cuaca ekstrim.

“Apalagi terjadi disebagian besar wilayah sulut serta dampak bencana hidrometeorologi yang di timbulkan seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Dia juga meminta para Camat dan Sangadi untuk dapat melakukan langkah antisipasi dalam meminimalisir risiko.

“Koordinasi dengan dinas terkait itu yang sangat penting, saat terjadi bencana di wilayah segera melapor agar cepat saling terkoneksi,” ujarnya.

“Saya kembali meminta, agar masyarakat jika berkendara atau melakukan aktivitas di luar rumah jangan terburu-buru perhatikan cuacanya,” sambungnya.

Boby menambahkan, untuk lebih lanjut mengetahui keadaan cuaca ekstrim Pantau terus informasi dari BMKG Sulut.

“Untuk informasi prakiraan cuaca harian dan peringatan dini cuaca, silahkan mengakses, bisa langsung mengakses lewat Facebook: BMKG Sulawesi Utara, Instagram : @infocuaca_sulut dan Website: http://samratulangi.sulut.bmkg.go.id/,” pungkasnya.

Penulis: Wawan Dentaw

Komentar