Penghujung Ramadhan 1443 H, Pemuda Karang Taruna dan Remaja Mesjid Ash-Sholihin Desa Saibuah Meriahkan Tradisi Tumbilotohe

BOLSEL– Pemuda Karang Taruna dan Remaja Masjid Ash-Sholihin Desa Saibuah Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), memeriahkan tradisi pasang lampu “Tumbilotohe” di penghujung Ramadhan 1443 Hijriah, di halaman mesjid Ash-Sholihin, Kamis, 28 April 2022.

Pasang lampu merupakan tradisi yang sudah lama dilaksanakan oleh umat Islam. Ini menandakan bulan ramadhan yang penuh berkah dan magfirah akan berakhir.

“Tumbilotohe merupakan kebiasaan masyarakat yang dilaksanakan tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, untuk mengiringi kepergian bulan suci Ramadhan,” ucap Iqbal Ente Ketua Pemuda Desa Saibuah.

Kegiatan tradisi Tumbilotohe ini dilakukan dengan adanya kerja sama antara Remaja Mesjid Ash-Sholihin dan pemerintah desa bersama masyarakat.

“Kami sangat berterimakasih kasih kepada Pemerintah Desa Saibuah dan juga masyarakat yang sudah memberikan dukungan, sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik,” kata Iqbal.

Bahtiar Mootalu selaku wakil ketua Pemuda menambhakan, tradisi Tumbilotohe ini walaupun dilaksanakan dengan sederhana, tapi tidak mengurangi nilai dari filosofinya.

Selain itu kegiatan itu juga, menurutnya, untuk mempererat Ukhuwa Islamiah antara pemuda, pemerintah desa serta masyarakat.

“Dengan semangat ini kami akan berbuat lebih baik lagi, untuk bersama pemerintah membangun Desa Siabuah kearah yang lebih baik,” ucapnya.

(Wawan Dentaw)

Komentar