BLT DD di Bolsel 2022 Segera Cair, Ini Besarannya

BOLSEL–Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dipastikan bulan februari akan dilakukan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) PMD melalui Kepala Bidang Kelembagaan, Rahmat Buludawa usai rapat bersama dengan tenaga ahli P3MD Kabupaten Bolsel dan para Camat.

“Penyaluran BLT DD ini tinggal menunggu evaluasi penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) sampai batas waktu 20 Januari. Ketika rampung semua sudah bisa di proses dan disalurkan,” kata rahmat kepada Media Bolmong.news di ruang kerjanya, Rabu, 12 Januari 2022.

Para penerima BLT DD ini, terangnya harus ditetapkan melalui Musyawarah Desa (Musdes), melibatkan BPD dan semua lembaga yang ada di desa.

“Untuk KPM yang sudah mendapatkan bantuan lain dari dinas terkait, tidak lagi mendapatkan BLT DD,” katanya.

KPM akan mendapatkan bantuan sebesar Rp300 ribu.

“Nominalnya seperti biasa di tahun 2021, setiap KPM mendapatkan tiga ratus ribu per bulannya. Bantuan ini karena adanya pandemi covid-19,”jelasnya.

Ia menambahkan sesuai Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 7 Tahun 2021, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 190 tahun 2021 dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 tahun 2021, BLT di tahun 2022 ini di ambil 40 persen dari anggaran Dana Desa (DD).

“Dalam waktu dekat ini juga kami akan melakukan monitoring dan evaluasi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di semua desa,” tandasnya. (Wawan Dentaw)

 

Komentar