Bisa Unduh Lewat Playstore, Pemkab Bolsel Mulai Uji Coba KTP Digital

BNews, BOLSEL – Uji coba aktivitasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital mulai dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Untuk tahap awal uji coba ini dilakukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolsel, Gunawan Otuh, Jumat, 23 Desember 2022.

“Aktivasi KTP digital untuk para ASN ini diberikan jadwal setiap instansi untuk pembuatan KTP digital, nanti tinggal datang ke kantor Disdukcapil untuk lakukan aktivasi,” ujarnya, Jumat, 23 Desember 2022.

Gunawan menjelaskan, tujuan penerapan identitas kependudukan digital ini untuk mempermudah, dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital.

“Maka sudah beralih ke sistem digital, tidak perlu lagi menggunakan fotocopy KTP untuk mengurus sesuatu yang berbasis digital,” katanya.

KTP digital ini, terang Gunawan, bisa diakses di google Playstore dengan nama Identitas Kependudukan Digital.

Namun untuk aktivasi datang langsung ke kantor Disdukcapil.

“Setelah diunduh di handphone penggunaan akan mengisi data, namun setelah itu ke kantor Disdukcapil untuk melakukan scanner barcode ,” ujarnya.

Gunawan mengatakan, ini masih tahap uji coba yang dilakukan kepada ASN juga THL Bolsel.

“Tahun depan akan dilakukan secara massal ke masyarakat. Untuk masyarakat nantinya akan menunggu juknis dari kementerian, jika sudah ada juknis maka langsung action,” katanya.

Gunawan menuturkan, masyarakat jangan takut jika akan kekebolan data diri, karena keamanannya sangat terjamin.

“Safety Security sudah terjamin aman, dijaga oleh orang-orang IT dari kementerian langsung,” terangnya.

(*/Wawan Dentaw)

 

Komentar