Pemkab Bolmut gelar Prosesi Adat “Mopohabaru’ Idul Fitri 1444 Hijriah

BNews, BOLMUT – Jelang 1 Syawal 1444 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menerima Prosesi Adat “Mopohabaru /Mopotau”.

Pantauan bolmong.news, Bupati Bolmut Depri Pontoh sendiri pun yang langsung menerima Prosesi Adat Mopohabaru dari lembaga adat setempat.

Acara pun berlangsung di rumah dinas Bupati Bolmut, Desa Bunor, Kecamatan Bolangitang Barat, Bolmut, Sabtu 15 April 2023.

Adat Mopohabaru sendiri artinya suatu kabar memberitahukan, bahwa sedikit lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah.

Baca JugaPemkab Bolmut Gelar Prosesi Adat Mopohabaru 1 Ramadhan 1444 Hijriah

Dalam prosesi Mopohabaru pun diawali  dengan penyampaian kata-kata adat dan pemukulan kulintang oleh pemangku adat setempat.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian untuk para petugas pelaksanaan shalat Ied yang akan bertugas nanti.

Bupati Bolmut Depri Pontoh mengungkapkan, kendati kita semua telah mengetahui bersama jatuhnya 1 Syawal pada Jumat 21 April 2023 mendatang, namun kata Bupati, masyarakat harus tetap menunggu keputusan resmi dari pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

Akrab disapa Papa Adit ini menambahkan, untuk pelaksanaan shalat Ied nanti, wilayah yang ada di Kabupaten Bolmut tinggal menyesuaikan.

Baca JugaIni Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Bolmut 1444 Hijriah

“Apakah dilaksanakan di Masjid masing-masing atau di lapangan, intinya pelaksanaan shalat Ied akan dilakukan serentak pada pukul 07.00 Wita,” kata Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati pun berharap, di bulan suci yang penuh berkah, semoga Ramadhan kali ini, kita semua mendapatkan magfira dan ampunan dari Allah SWT.

“Insyaallah kita terlahir menjadi yang fitri atau suci, hilangkanlah segala penyakit hati iri dan dengki terhadap sesama, dengan ucapan Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin,” pungkas Bupati.

Selanjutnya, acara pun ditutup dengan Doa Khataman Quraan dan Buka Puasa bersama, serta dilanjutkan shalat Magrib.

Baca JugaDepri Amin, Persembahkan UHC Awards 2023 untuk Bolmut

Bupati pun bersama romobongan sekaligus menunaikan shalat Tarawih berjamaah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Amin Lasena, Sekretaris Daerah Jusnan C. Mokoginta, Kapolres Bolmut AKBP Aries Aminullah SIK, Kejari Bolmut, unsur Forkopimda, pimpinan OPD, Toko Adat, Agama, para Sangadi serta Camat se Kabupaten Bolmut dan Masyrakat setempat.

Berikut para petugas pelaksanaan shalat Ied 1444 Hijriah yang akan bertugas nanti :

– Khotib                     : Ust. Yusuf Dani Pontoh,
Cadangan Khotib : Ust Syafar Pohontu,

– Imam                      : Bapak Syahrin Harundja
Cadangan Imam   : Ust. Basir Binjanati

– Bilal                        : Bapak Amir Lauma

 

Reporter : Muchtar L Harundja
Editor : Wahyudy Paputungan

Komentar