Diguyur Hujan, Ratusan Rumah di Bolmut Terendam Banjir

BolmongNews.com, Bolmut— Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), sejak semalam sekira pukul 20.45 Wita sampai dengan hari ini membuat beberapa desa di Bolmut tergenang air.

Air dengan ketinggian 60 cm sampai dengan 1 meter menggenangi 8 Desa dengan 643 rumah terendam oleh banjir. Di Desa Binuanga 11 rumah terendam banjir, di Desa Binuni 70 rumah, Desa Biontong l 250 rumah, Desa Lipubogu 92 rumah, Desa Binjeita 37 rumah, Desa Bunong 28 rumah, Desa Padang 79 dan Desa Padang Barat 76 rumah.

Bidang Pemantauan dan Informasi BPBD Bolmut, Hamzah Tinumbala mengatakan bahwa akibat curah hujan yang tinggi, serta tidak memiliki saluran air yang baik mengakibatkan terjadinya banjir.

“Hujan masih terus menerus turun sejak dari malam hari sekitar pukul 20.30. Kondisi sekarang barusan hujan dengan berpotensi hujan sedang hingga lebat. Kayak tadi malam sekitar Jam begini Hujan sampai siang hari tadi, jelas Hamzah, Selasa (8/1/2019).

Selain rumah, luapan air Sungai Bonotok, Bintauna menggenangi lahan persawahan warga dengan ketinggian air sekitar 1 meter membuat padi yang baru 3 hari ditanam ikut terendam air. Belum ada laporan korban jiwa dalam kejadian ini.(kamal)

Komentar