Depri Pontoh Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Drs Hi Depri Pontoh, memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2020, di halaman Kantor Bupati Bolmut, Selasa (10/11/2020) pagi tadi.

Bupati membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (RI), pada peringatan hari bersejarah bangsa Indonesia ini.

“Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. Namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua. Sebagimana Tema Hari Pahlawan tahun 2020 yaitu “Pahlawanku sepanjang masa,” kata Bupati.

Lanjutnya, apa yang telah dilakukan para pahlawan, kirannya dapat menginspirasi dan memotivasi bagi semua. “Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa. Seperti; kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pelandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” ujarnya.

Bupati mengatakan, meski dalam masa pandemi Covid-19, peringatan hari pahlawan tahun 2020 tetap dilaksakan. Masa pandemi ini menjadi sebuah tantangan dan diharapkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa, untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. “Nilai Nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan yang maha esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, semangat kepahlawanan yang terus menyalah, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan.

“Yakinlah apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan bebagai masalah bangsa,” jelasnya.

“Mari tunjukan kontribusi kita kepada Bangsa dan Negara dengan menjadi pahlawab masa kini yang memiliki empati, untuk menolong sesama saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” sambungnya.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bolmut, untuk berpartispasi memperingati hari pahlawan Tahun 2020, sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. “Sebagaimana ungkapan salah seorang The founding fathers kita Soekarno yang menyatakan bahwa, hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” tegas Bupati.

Bupati menambahkan, lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membagun Negeri.

“Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini.
Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa bangsa lain di dunia,” pungkasnya.

Turut Hadir Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi Amin Lasena M.AP, Kapolres Bolmut, perwakilan Kejaksaan Negeri Bolmut, Ketua DPRD Bolmut, Kepala Pengadilan Agama Bolmut, Serkertaris Daerah Dr. Drs Hi. Asripan Nani M.Si, Pabung 1303 Bolmut, Pejabat TNI/Polri, Kepala Kantor Pertanahan Bolmut, Para Asisten Sekda, Staf ahli Bupati, Pimpinan SKPD, serta Para Camat se Kabupaten Bolmut.
(Ebi)

Komentar