Dampak Pandemi COVID – 19 Pada Ekonomi Bolmut

BOLMUT- Pandemi Covid-19 telah berdampak signifikan pada kegiatan perekonomian secara nasional. Namun, pemerintah pusat tidak dapat bekerja sendirian untuk dapat melakukan pemulihan ekonomi. Saat ini, dibutuhkan pula peran pemerintah daerah agar proses pemulihan dapat cepat terlaksana.

Fokus perhatian kepada pemulihan ekonomi dampak Covid-19, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra mengingatkan pemerintah Daerah memperhatikan Instruksi Menteri Dalam Negeri.

“Ada delapan poin di dalam instruksi Mendagri yang harus menjadi fokus perhatian dalam rangka pemulihan ekonomi,” kata Frangky, Rabu (30/9/2020).

Dia memaparkan, diantara poin yang disebutkan dalam instruksi tersebut adalah soal ketahanan pangan, perikanan dan kelautan, padat karya tunai, pariwisata, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Agar efektivitas pemulihan ini dapat berjalan baik, pemerintah daerah mestinya fokus ke sektor – sektor yang disebutkan itu,” ujarnya.

Dia menegaskan, seluruh item tersebut saling barkaitan. Muaranya adalah peningkatan daya beli.
“Berbicara ketahanan pangan, harus ada upaya pemerintah untuk tidak saja sekedar menjamin ketersediaan pangan, tetapi juga kestabilan,” sebutnya.

Selanjutnya, agar daya beli masyarakat menguat, harus ada proyek – proyek padat karya tunai. Beri masyarakat pekerjaan, untuk mendapatkan penghasilan.

Kemudian untuk penguatan ekonomi nelayan, harus diperhatikan sektor perikanan dan kelautan. Selain itu tentu saja, program BLT tetap harus ada sebagai stimulus jangka pendek.

Demikian juga sektor UMKM dan pariwisata. Harus kembali bergerak, meskipun situasi masa pandemi Covid-19 masih berlangsung. Dengan catatan tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan.

Frangky menambahkan, khusus untuk sektor UKM, dia lebih menekankan kepada pelaku usaha super mikro. Seperti penjual sayur, pedagang asongan, dan semacamnya. Sebab, untuk pelaku UKM yang telah memiliki izin, datanya sudah masuk ke dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN)
“Jadi anggaran daerah masuknya di celah yang tidak ter-cover oleh pemerintah pusat,” katanya.

Sektor usaha perorangan atau disebut super mikro tersebutlah, kata Frangky, yang perlu di-back up dalam rangka mendorong daya beli dan daya saing masyarakat.

Untuk itu, ia mengingatkan, item tersebut harus masuk ke dalam arah kebijakan umum anggaran daerah.

“Belum bisa dipastikan kapan pandemi Covid ini akan berakhir. Peran pemerintah saat ini yang terpenting adalah mendorong pergerakan ekonomi masyarakat. Penguatan daya beli, menjamin kestabilan pangan serta mendorong pergerakan ekonomi kembali berjalan,” tandasnya.

Seperti diketahui, DPRD bersama Pemda Bolmut tengah membahas Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara APBD tahun 2021. DPRD Bolmut menekankan, seluruh arah kebijakan anggaran harus berorientasi kepada pemulihan ekonomi. Kebijakan tersebut harus diimplementasikan ke dalam program kegiatan OPD.
(Ebi).

Komentar