Terkait Amdal Kimong, Pemkab Bolmong Gelar Konsultasi Publik

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongongondow (Bolmong) menggelar konsultasi publik, tentang studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) Kawasan Industri Mongondow (Kimong).

Mewakili Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, secara resmi membuka kegiatan tersebut, di pelataran Kantor Bupati, Selasa 15 Maret 2022.

Hadir pada kegiatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Yahya Fasa, Kaban Bappeda Ir Taufik Mokoginta, Kadis Perhubungan Sugih Arto Banteng, Konsultan serta Pimpinan Kimong.

Kegiatan konsultasi publik ikut melibatkan masyarakat Desa Diat, Tuyat, Tanduk, Lolak Padang, Lolak II, Lolak Tombolango, Lolak, Mongkoinit, Pindolili dan Lolak Dulangon Kecamatan Lolak.

Tahlis Gallang mengatakan, kegiatan ini sangat begitu penting. Di mana hal ini juga memperjelas harapan pemerintah daerah dalam mewujudkan investasi yang besar di Kabupaten Bolmong.

“Apalagi kita bersyukur bahwa Kimong bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah daerah, tapi saat ini sudah menjadi program strategis baik tingkat Provinsi maupun tingkat pusat,” ucap Tahlis.

Tahlis Gallang memastikan bahwa Kimong dalam waktu yang tidak terlalu lama akan segera dibangun di Kabupaten Bolmong.

“Semua hal-hal teknis, kita sudah bahas dengan Kimong. Bahkan, dari kementerian terkait terutama yang dibahas kesesuaian tata ruang. Alhamdulillah itu sudah selesai,” ungkap Tahlis.

Sehingga itu, lanjut Tahlis, Pemerintah Daerah telah masuk pada tahapan penyusunan Amdal.

Forum ini pun sengaja dibuat untuk konsultasi publik, agar masyarakat setempat dapat mengetahui seperti apa pengelolaan limbah dan pelestarian lingkungan di dalam Kimong.

Tahlis Gallang, ikut menyampaikan pesan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, agar semua bisa aktif, mulai dari para tokoh masyarakat, Sangadi, Perangkat Desa dan Pimpinan OPD, dalam mempersiapkan penyusunan Amdal Kimong.

“Mari bersama-sama memberikan informasi kepada konsultan, agar hasil analisis dari data dan informasi yang diberikan dapat menghasilkan Amdal yang luar biasa dari masyarakat Bolmong,” ucapnya.

“Intinya kami sangat bersyukur sekali karena merasakan manfaatnya dari masyarakat itu sendiri,” sambung Tahlis.

Pada prinsipnya, Kimong dapat memberikan manfaat yang baik di Kabupaten Bolmong.

Selain, dapat menciptakan lapangan kerja yang banyak, disamping itu meningkatkan pertumbuhan roda ekonomi daerah.

“Jika ada investasi masuk, tentu uang juga akan masuk dan banyak uang beredar ke masyarakat, serta daya beli masyarakat akan meningkat pula,” katanya.

Warga Desa Padang, Lolak, Ajuman Paputungan ikut menyambut baik investasi besar di Kabupaten Bolmong itu.

Dirinya berharap, jika Kimong sudah beroperasi, tentu tenaga kerjanya wajib putra dan putri lokal dari Bolmong.

“Pada intinya kami mendukung beraktivitas Kimong di Bolmong,” tutup Ajuman.

(Yudi Paputungan)

Komentar