Pj Bupati Limi Mokodompit Kenakan Baju Adat Bolaang Mongondow di Upacara HUT ke-58 Provinsi Sulut

BNews, SULUT – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berlangsung khidmat, Jumat 23 September 2022.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey memimpin jalannya upacara yang digelar di halaman Kantor Gubernur Sulut, pagi tadi.

Namun, upacara kali ini ada pandangan yang menarik, tak seperti yang digelar tahun sebelumnya.

Upacara HUT Provinsi Sulut ke-58 dengan bertajuk “Bangkit Bersama, Sejahtera Bersama”, tahun 2022 ini dengan nuansa pakaian adat khas daerah.

Tampak Gubernur Olly Dondokambey sendiri mengenakan pakaian adat daerah khas Minahasa.

Sedangkan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw yang ikut mendapingi Gubernur Sulut, mengenakan pakaian adat khas daerah Bolaang Mongondow.

Bahkan, Penjabat (Pj) Bupati Ir Limi Mokodompit MM yang menghadiri upacara, ikut mengenakan pakaian adat khas tanah kelahirannya sendiri yakni Bolaang Mongondow, di peringatan HUT ke-58 Provinsi Sulut.

Tentu, pakaian adat daerah yang dikenakan di upacara itu, tentu menciptakan dan menggambarkan kearifan lokal yang ada di Provinsi Sulut.

Adapun tamu undangan lainnya, terpantau juga ikut mengenakan pakaian adat khas daerah lainnya, mulai dari Kepulauan Sangihe maupun yang telah dikreasikan.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa syukur, karena bisa bersukacita, bersua dan berbahagia dalam memperingati HUT ke-58 Provinsi Sulut tahun 2022.

Bahkan, dengan mengangkat tema “Bangkit Bersama, Sejahtera Bersama”, Gubernur Olly Dondokambey, mengingini Provinsi Sulut untuk bisa menjadi daerah yang terus berkemajuan.

“Kita sudah berjuang pulih dari pandemi dan itu sudah berhasil. Kini tinggal mempercepat untuk pemulihan dan bangkit lebih kuat menuju kemajuan dan peningkatan kesejahteraan,” kata Gubernur Olly.

Menurut orang nomor satu Provinsi Sulut ini, HUT Provinsi Sulut kali ini, merupakan momentum refleksi terhadap jasa pemimpin Sulut terdahulu, serta perjuangan bersama dalam melewati badai pandemi Covid-19.

Tentu, kata Olly, kebersamaan antara pemerintah, forkopimda dan masyarakat Sulut menjadi pondasi penting serta kunci sukses dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

“Dan ini sudah terlihat dengan keberhasilan Provinsi Sulut berbagai prestasi yang ditorehkan, hingga melewat pandemi dengan dasar koordinasi yang terbangun dari semua elemen yang ada,” sebutnya.

Maka itu, Gubernur Sulut menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI/Polri yang ikut terlibat aktif dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di Bumi Nyiur Melambai.

“Berbagai capaian prestasi bisa kita peroleh. Pembangunan rumah sakit dan sejumlah infrastruktur hingga menambah jalur ekspor. Semua ini karena sinergitas yang solid,” sebut Olly lagi.

Selain itu, satu kesukuran juga, karena inflasi di Sulut masih terkendali dan mendapat apresiasi dari Presiden RI langsung.

“Terima kasih kepada Wakil Gubernur Steven Kandouw yang telah berdialog langsung dengan bapak Presiden RI dan menjelaskan pertumbuhan ekonomi kita dengan baik,” jelas Olly.

Tak hanya itu, ucapan terima kasih juga disampaikan Gubernur Sulut atas kebersamaan masyarakat selama ini yang telah satu visi bersama pemerintah melaksanakan pembangunan daerah.

Hadiri pada upacara peringati HUT ke-58 Provinsi Sulut, yakni sejumlah Pejabat Pusat, Forkopimda Sulut, Pejabat Negara Tetangga, Anggota DPR RI Dapil Sulut, Pimpinan DPRD Provinsi Sulut, Bupati dan Wali Kota se-Sulut, Gubernur dan Mantan Gubernur, Pimpinan BUMN dan BUMD serta Perbankan di wilayah Sulut.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar