oleh

Pj Bupati Limi Mokodompit Buka MTQ Tingkat Kabupaten ke-29

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten ke-29, tahun 2022.

Kegiatan itu resmi dibuka Penjabat (Pj) Bupati Limi Mokodompit, di Lapangan Olahraga Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Sabtu 4 Juni 2022.

Kegiatan lomba MTQ Tingkat Kabupaten itu akan berlangsung selama dua hari kedepan, mulai dari 4 Juni – 6 Juni 2022 yang diikuti oleh perwakilan di 14 Kecamatan wilayah Bolmong, dengan total 146 orang peserta, untuk 9 cabang golongan putra-putri yang akan dilombakan.

Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompi turut didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong Shabri Makmur Bora, dan Ketua LPTQ Kabupaten Bolmong Supandri Damogalad.

Mengawali kegiatan, Ketua LPTQ Kabupaten Bolmong Supandri Damogalad, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Bolmong, terlebih Pj Bupati Limi Mokodompit yang turut mensuport dan menghadiri Lomba MTQ tingkat Kabupaten ke-29 ini.

“Atas nama pengurus LPTQ Kabupaten Bolmong, kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Bolmong terlebih Pj Bupati Limi Mokodompit,” ucap Supandri.

Menurutnya, meski di tengah kesibukan dan aktivitas sosial yang harus dihadiri Pj Bupati, namun masih menyempatkan diri hadir membuka kegiatan yang bernuansa dakwah Islam ini.

Selain itu, Supandri Damogalad juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan, terutama Pemerintah Desa, badan dan lembaga serta seluruh masyarakat Desa Bakan dan sekitarnya di wilayah Kecamatan Lolayan yang turut membantu dan terlibat aktif pada acara tersebut.

Bahkan, selaku ketua panitian kegiatan, Sangadi Desa Bakan juga secara totalitas menggerakkan seluruh potensi di desa, mulai dari menyiapkan tempat tinggal peserta atau khafilah dari 14 kecamatan yang ikut serta dalam lomba MTQ Tingkat Kabupaten ini.

“Semoga support dari semua pihak akan memberikan motivasi dan semangat bagi para peserta yang mengikuti cabang -cabang lomba yang di lombakan,” ungkap Supandri, turut dibenarkan Bendahara LPTQ Bolmong Febrianto Tangahu.

Sementara itu, sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut, Pj Bupati Limi Mokodompit ikut memberikan apresiasi dan terima kasih atas pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten ke-29 ini.

Bupati Limi mengatakan, tentu kegiatan ini begitu sangat positif, karena sebagai sarana bagi kita semua dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai dan ajaran Al-Qur’an.

Selain menjadi media dakwah dan Syi’ar keagamaan, efektif juga terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat bagi daerah.

“Termaksut dalam memacu percepatan pembangunan daerah yang berlandaskan Al-Qur’an,” kata Limi.

Ia pun berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan iman dan taqwa, sehingga anak-anak kita menjadi taat kepada Allah SWT.

“Saya berharap kiranya pelaksanaan kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten ini, tidak hanya berhenti pada sebuah ajang lomba saja, melainkan lebih dari itu,” harapnya.

Limi pun menambahkan, bahwa kegiatan seperti ini juga bisa dijadikan sebagai forum silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif, dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan lintas etnis, lintas budaya, serta lintas agama sesama masyarakat di Kabupaten Bolmong.

Pj Bupati ini ikut menegaskan, agar para tim juri dapat memberikan penilaian secara objektif kepada peserta, sehigga dapat benar-benar menghasilkan para juara yang terbaik bagi daerah.

“Dimana dapat mewakili tingkat provinsi, nasional bahkan bila perlu hingga internasional,” ucapnya.

Selamat berlomba dan semoga dapat memberikan kepuasan dan hasil yang terbaik.

“Dengan mengucapkan bismillah hirohman nirrohim, kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten ke-29, saya buka dengan resmi,” Limi mengakhiri.

Diketahui, dilanjutkan dengan parade Devile oleh seluruh Khafila MTQ dengan diikuti oleh 14 Kecamatan yakni, Dumoga Tengah, Dumoga Utara, Dumoga Barat, Dumoga Timur, Lolak, Bolaang, Dumoga Tenggara, Passi Barat, Passi Timur, Bilalang, Lolayan, Bolaang Timur dan Poigar.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten ke-29 itu, Kepala Kemenag Kabupaten Bolmong Shabri M Bora, Anggota DPRD Bolmong Febrianto Tangahu, Masud Lauma, Irwan Lukoyo PT JRBM, para Pimpinan OPD, Camat, Sangadi, serta tokoh masyarakat hingga pemuda.

(*)

Komentar