Pimpinan OPD hingga Camat Wajib Mulai Jalankan Apel Senin

BOLMONG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) telah menetapkan kewajiban apel pagi setiap Senin bagi Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan instansi pemerintah.

Hal ini pun wajib dijalankan, setelah pertama aktif apel kerja perdana awal tahun 2022 digelar serentak seluruh Indonesia.

Menindak lanjuti Surat Edara MenPAN-RB Nomor: B/392/M.KT.02/2021 tanggal 30 Desember 2021, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) ikut mengeluarkan Surat Edara dengan Nomor:800/B.03/BKPP/002/I/2022 yang ditandatangani Sekertaris Daerah (Sekda) Tahlis Galang.

Dalam surat edara tersebut, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Kantor Kecamatan se-Kabupaten Bolmong wajib melaksanakan apel pagi.

Menurut Sekda Bolmong, hal ini tentu sangat perlu, karena dapat menumbuhkan disiplin seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bolmong.

“Maka dihimbau agar setiap OPD menyelenggarakan apel pagi pada Senin pagi setiap minggu, terhitung sejak hari kerja pertama di tahun 2022, yaitu pada Senin 3 Desember 2022,” tegas Tahlis dalam isi Surat Edara Pemkab Bolmong.

Dalam isi edaran tersebut, selain itu juga menghimbau, agar dalam setiap pelaksanaan apel pagi, seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan kantor atau instansi masing-masing dapat memperhatikan beberapa hal yang ditegaskan.

Diantaranya, kegiatan apel pagi dilaksanakan secara fisik dengan memperhatikan jumlah peserta, jarak aman, protokol kesehatan dan perkembangan kasus covid-19 di masing-masing wilayah atau kantor instansi.

Kemudian, apel pagi diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai masing-masing perangkat daerah.

Selanjutnya, kegiatan apel tidak mengurangi kualitas dan kelancaran pelayanan kepada masyarakat.

Penegasan juga dalam edaran itu, bahwa Kasubag Kepegawaian di tiap OPD, dapat melaporkan hasil apel pagi dengan memasukkan daftar hadir ke BKPP Kabupaten Bolmong, melalui Bidang Disiplin Fasilitasi Profesi dan Informasi Aparatur.

(Yudi Paputungan)

Komentar