Pemkab Bolmong Kembali Ikuti Rakor Rutin Pengendalian Inflasi 2023

BNews, BOLMONG – Secara virtual, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi daerah 2023, dari ruang kerja Bupati Bolmong, Lolak, Senin 27 Februari 2023.

Rakor serentak ini, dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan diikuti seluruh kepala daerah se-Indonesia secara virtual.

Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit pun ikut didamping sejumlah kepala OPD serta unsur Forkopimda.

Mendagri kembali menekankan persoalan inflasi. Dimana kata Tito Karnavian, inflasi daerah terus mendapatkan perhatian serius Presiden Joko Widodo. Hal ini pun seperti yang disampaikan pada membuka Rakernas APPSI di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:Sekda Bolmong Buka High Level Meeting bersama Bank Indonesia

“Ingat, ini inflasi menjadi atensi beliau (Presiden Joko Widodo),” ucap Mendagri.

Bahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, meminta pemerintah daerah untuk terus melakukan berbagai upaya intervensi dalam mengendalikan inflasi.

“Khususnya rutin melakukan pemantauan pasar, ini guna memastikan keterjangkauan harga dan ketersediaan komoditas bahan pokok,” sebutnya.

“Cek langsung di lapangan, seperti intruksi Presiden. Hal tersebut juga dikerjakan beliau mengontrol atau blusukan langsung ke pasar,” sambung lagi Mendagri.

Baca Juga:Peringati Dua Tahun Kepemimpinan FDW-PYR, Pemkab Minsel Gelar Ibadah Syukur

Sementara ditempat tempat terpisah, Pemkab Bolmong melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang mengikuti High Level Meeting bersama perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara (Sulut), bertempat Ball Room Sutanrja Hotel, Kota Kotamobagu.

Dalam High Level Meeting ini, itu serta para instansi terkait jajaran Pemkab Bolmong.

Mulai dari Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bolmong, dengan topik inflasi jelang bulan suci Ramadhan tahun 2023.

Turut dihadiri langsung Kepala Perwakilan BI Sulut Andry Prasmuko dan Kepala Deputi BI Sulawesi Utara Ficktor serta para pimpinan cabang Bank daerah.

Baca Juga:Kendalikan Inflasi Jelang Idul Fitri, BI dan Pemprov Tandatangani KAD Sulut-Jatim

Dalam kegiatan High Level Meeting ini ikut membahas persoalan inflasi, KUR Tani serta percepatan transaksi melalui digitalisasi elektroni pemerintah daerah, dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan itu, Kepala BI Sulawesi Utara Andry Prasmuko bahkan berharap pemerintah darah dapat bersama-sama berupaya efektif menekan laju inflasi daerah.

“Mari kita sama-sama pikirkan hal ini dan dibahas bersama, khususnya dengan Pemkab Bolmong, karena ini juga bagian sinergitas bersama dalam upaya pengendalian inflasi daerah,” pungkas Andry Prasmuko.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar