Pelayanan Dikeluhkan, Kepala Disdukcapil Bolmong Beri Penjelasan

BOLMONG – Pelayanan kepengurusan adminitrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolmong sempat dikeluhkan warga. Bahkan keluhan tersebut hingga dibagikan ke media sosial.

Terkait hal ini, Kepala Disdukcapil Bolmong Irlan Mokodompit pun angkat bicara, menurutnya pelayanan yang dilakukan selama ini sudah baik.

Bahkan,dirinya menyampaikan tak tahu menahu adanya keluhan warga atas pelayanan Dinas yang dipimpinnya.

“Tak tahu, itu keluhan dari siapa, soalnya tidak ada nama, baru yang bersangkutan tidak menyebutkan nama oknum yang memperlambat pelayanan, jadi tidak bisa di berikan hukuman,” ungkap Irlan saat dihubungi Bolmongnews, Rabu 10 Agustus 2022.

“Kalau mempersulit atau memperlambat pelayanan, saya rasa itu tidak mungkin,” tegas Irlan lagi.

Selain itu dirinya menyebutkan, bahwa saat ini pelayanan Disdukcapil Bolmong secara keseluruhan administrasi induknya mencapai 350 dokumen per hari.

“Jadi kalau dihitung-hitung dengan hanya 5 loket bisa mencapai kurang lebih 7 menit per dokumen,” sebut Irlan.

Tak hanya itu, untuk update data di aplikasi Capil sekarang langsung koneksi dengan database pusat. Jadi otomatis langsung aktif data.

Sehingga untuk keluhan yang dilayangkan kepihaknya, mungkin dari pihak vaksin yang belum ambil data terbaru dari Capil pusat dan mungkin itu membuat data belum keluar.

“Begitu pun juga mengurus SKCK tak perlu update data, karena selama ini untuk update data hanya Peduli Lindungi, BPJS, Pajak dan Perbankan,” tandas Irlan.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar