Limi: Pentingnya Guru Menguasai Informasi Teknologi

BNews, BOLMONG – Penjabat Bupati Limi Mokodompit, secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Guru dan Kepala Sekolah tingkat SMP yang digelar Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bolaang Mongondow.

Dalam pembukaan Bimtek ini, Penjabat Bupati Limi Mokodompit, didamping Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bolmong Renty Mokoginta dan Ketua Daerah IGI Nurma Ningsi Mokodompit.

Adapun peserta Bimtek, diisi oleh para Guru dan Kepala Sekolah tingkat SMP wilayah Kabupaten Bolmong, bertempat di Sutanraja Hotel, Kotamobagu, Senin 13 Maret 2023.

Mengawali sambutan, Penjabat Bupati Limi Mokodompit, turut menyampaikan apresiasinya kepada IGI atas terselenggaranya kegiatan ini.

Baca JugaPemkab Asahan Latih Pelaku UMKM Berbisnis Lewat Pemasaran Digital

Limi berharap, kegiatan ini dapat menguatkan Literasi dan Numerasi para Guru yang ada di Kabupaten Bolmong.

Karena, menurut Limi, Bimtek ini sangat penting, apa lagi terkait dengan penguatan dan kompetensi para Guru, khususnya dalam bidang informasi teknologi atau IT.

Menurut Papa Fahmi sapaan akrab Limi Mokodompit, perkembangan teknologi saat ini begitu sangat cepat.

Tentu, sebagai Guru, dituntut untuk dinamis dan cepat tangkap dalam mengakses ketrampilan, melalui Informasi Teknolgi atau IT.

“Penguatan di bidang IT bagi seorang Guru sangat diperlukan saat ini, semua itu bertujuan untuk memberikan edukasi anak didik kita,” kata Limi.

Baca Juga:Chairul Mokoginta Jabat Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Kotamobagu

Bahkan Limi membeberkan, ada sekitar 6,7 persen Guru di Indonesai telah tertiggal dengan anak didiknya sendiri. Hal ini terkait dengan cara mengakses jaringan informasi teknologi.

“Contohnya, anak-anak kita lebih cepat mengakses IT, ketimbang kita dan ini fakta dilapangan,” imbuhnya.

“Siapa yang rajin mengakses setiap informasi, maka dia layak mengetahui dan memahami suatu pengetahuan disegala medan. Namun, jika tak bisa menguasai IT maka akan tertinggal,” sambungnya lagi.

Maka itu. para Guru harus banyak melakukan penyesuaian dan tarik undur kebelakang, untuk bisa belajar lagi.

“Pada prinsipnya di era teknologi yang terus berkembang, merupakan tantangan seorang Guru dalam menguasai teknologi,” jelas Limi.

Baca Juga:ASN Minsel Segera Terima TPP

Namun semua ini, lanjutnya, harus ditunjang dengan sarana dan prasaran pendukung, khususnya di sekolah.

“Pada pokoknya, kita tak boleh tertinggal, saya berharap Bimtek peningkatan dan penguatan para Guru ini, benar-benar bisa mempersiapkan diri, usai itu bisa memberikan edukasi kepada anak-anak didiknya di sekolah,” ujar Limi.

Sebelumnya, Nurma Ningsi Mokodompit, dalam laporannya, menyebut bahwa kegiatan ini merupakan tahun ke III bagi IGI.

Apa lagi, tujuan dari kegiatan ini, untuk peningkatan kompetensi Guru. Bahkan, IGI telah menyasar 10 sekolah tingkat SMP di wilayah Kabupaten Bolmong.

Baca Juga:Cari Anjing di Rumah Walet, Warga Kisaran Temukan Kerangka Manusia

“Saya pun berharap, agar para Guru di Bolmong dapat mendukung berbagi program pemerintah, dengan melalui kompetensi literasi dan numerasi demi tujuan peningkatan kompetensi siswa, ” harap Ningsi Mokodompit.

Ketua PGRI Bolmong yang juga Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Renti Mokoginta menyampaikan, pengembagan dan penguatan kompetensi Guru harus didukung bersama.

“Bimtek ini sangat baik, karena menyangkut pengembangan dan penguatan kompetensi seorang Guru, maka harus kita dukung,” tandas Renti.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar