Limi Mokodompit Dikukuhkan Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Bolaang Mongondow

BNews, BOLMONG – Ir Limi Mokodompit MM secara resmi dikukuhkan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Bolaang Mongondow (Bolmong) masa bakti 2021-2026.

Pelantikan ini sekaligus dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bolaang Mongondow.

Pelantikan ini dipimpin langsung Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Vanda Sarundajang, yang berlangsung di pelataran Kantor Bupati Bolmong, Lolak, Rabu 12 Oktober 2022. 

Limi Mokodompit selaku Penjabat Bupati Bolmong berharap, momentum ini dapat memberikan semangat baru dalam kepengurusan Gerakan Pramuka Bolmong.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Kabupaten Bolmong ini juga mengingatkan kembali tentang tugas dan tanggung jawab bersama terhadap kemajuan Gerakan Pramuka di Bolmong.

Menurut Bupati, Gerakan Pramuka merupakan gerakan pendidikan pada jalur pendidikan non-formal.

Selain itu, Pramuka juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan, serta merupakan kesinambungan dari sebuah gerakan kepanduan nasional Indonesia di masa lampau.

Limi menilai, Gerakan Pramuka bertujuan untuk menumbuhkan tunas bangsa dalam menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, serta memiliki kecerdasan keterampilan yang tinggi, sehat jasmani dan rohani. 

Bahkan, lanjut Bupati Limi, Gerakan Pramuka sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

“Sehingga untuk mencapai tujuan, maka Gerakan Pramuka diarahkan pada berbagai program, berupa pendidikan mental dan kepribadian, keterampilan, serta Karya Bakti untuk membantu masyarakat dalam bidang pelestarian lingkungan hidup, peningkatan perekonomian keluarga, kesehatan dan pendidikan, serta bidang sosial budaya,” turut Limi.

Disamping itu, kemajuan Gerakan Pramuka di Indonesia ini, tentu tidak lepas dari upaya yang tidak kenal lelah oleh para pendiri sebelumnya.

“Merekalah yang telah berjuang keras mendarmabaktikan diri untuk ikut serta memelihara, memupuk dan membesarkan tunas bangsa yang telah ditanam hingga saat ini,” ujarnya.

“Sehingga, Gerakan Pramuka mengalami masa kejayaannya di saat itu,” sambung Limi. 

Maka, kata Bupati, tidak heran jika masa lalu sebagian besar siswa-siswi SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi, sangat berminat menjadi anggota pramuka aktif.

Namun, dirinnya sangat menyayangkan, pada era globalisasi saat ini telah terjadi pergeseran yang dimana generasi muda banyak yang meninggalkan Gerakan Pramuka dan lebih tertarik terhadap kegiatan lainnya.

Bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat dan dapat merusak generasi muda bangsa. 

Sehingga, Bupati Limi sangat menaruh harapan besar kepada kepengurusan Pramuka Kabupaten Bolmong saat ini.

“Sudah jelas tantangan kepengurusan Gerakan Pramuka yang baru ini cukup berat dan beragam. Jika kita melihat susunan dan komposisi pengurus ini, saya yakin kita semua mempunyai kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi terhadap Gerakan Pramuka di Kabupaten Bolmong,” harapnya.

“Pada pokoknya, saya berharap pelantikan dan pengukuhan hari ini, menjadi energi baru untuk memantapkan organisasi kepramukaan,yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di Kabupaten Bolmong,” tambah Bupati.

Peran aktif dari jajaran pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bolmong yang baru ini tentu sangat diperlukan.

“Mari bersama-sama berjuang dan bekerja keras dengan gigih dan kekompakan, dengan semangat menggelora yang dikenal Trisatya dan Dasa Darma Pramuka, maka Gerakan Pramuka Insya Allah dapat mampu menjelma menjadi agen perubahan pilar pendidikan bagi generasi muda,” ucapnya.

Di akhir sambutan, Bupati Limi ikut menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada jajaran pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bolaang Mongondow yang telah memasuki masa purna tugas dan telah mengabdikan dirinya untuk membina generasi muda bangsa melalui Gerakan Pramuka.

 “Pada prinsipnya, saya berharap Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bolmong yang juga selaku Ketua DPRD Bolmong Bapak Welty Komaling, bersama jajaran pengurus baru saja dilantik, dapat memberikan pengabdian terbaik untuk Kabupaten Bolaang Mongondow,” pungkas Bupati Limi.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar